banner 728x250

Diduga Berdiri di Jalur Hijau, Puluhan Unit Bangunan di Jalan Batu Belah Kec. Jagakarsa Minta Ditindak

  • Share

JAKARTA, MEDIA TRANSPARANCY – Keberadaan bangunan melanggar di Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan terus mendapat sorotan. Pasalnya, di daerah yang konon katanya sebagai daerah resapan air ini ditemukan cukup banyak bangunan  dengan berbagai macam pelanggaran, seperti membangun ruko dengan izin rumah tinggal, membangun tanpa izin, membangun tidak sesuai izin dan lain sebagainya.

Pantauan Media Transparancy di beberapa lokasi ditemukan cukup banyak bangunan melanggar, seperti halnya puluhan unit bangunan rumah tinggal dua lapis di Jalan Batu Belah, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan, yang disinyalir sebahagian besar berdiri diatas lahan jalur hijau, sehingga banyak diantaranya yang tidak dilengkapi izin.

judul gambar

Tidak hanya itu. Masih di sekitar Jalan Batu Belah, juga ditemukan sekitar 10 unit rumah kontrakan yang disinyalir tidak memiliki izin sama sekali.

Banyaknya bangunan melanggar di Kecamatan Jagakarsa diduga akibat ‘peran serta’ Kasektor Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan (CKTRP) Kecamatan Jagakarsa, Budiono yang melakukan pembiaran terhadap bangunan-bangunan melanggar tersebut.

Menanggapi maraknya bangunan melanggar di Kecamatan Jagakarsa, Ketua Umum LSM KIPAS, Redol kepada Media Transparancy mengungkapkan, bahwa Kasektor CKTRP Jagakarsa, Budiono telah ‘menggiring’ masyarakat untuk melakukan pelanggaran Perda.

“Maraknya bangunan melanggar di Jagakarsa adalah bukti kepemimpinan Budiono selaku Kasektor CKTRP gagal total. Budiono justru terlihat menggiring masyarakat untuk melakukan pelanggaran aturan,” ujarnya.

Dikatakan Redol, membangun di DKI Jakarta itu sudah jelas aturannya.

“Aturan membangun di DKI Jakarta itu sudah baku. Jika aturan itu dilanggar, harus ditindak,” jelasnya.

Yang menjadi pertanyaan kata Redol, apakah Budiono sudah menjalankan aturan tersebut sesuai ketentuan yang berlaku?

“Masalahnya adalah, Budiono tidak menjalankan aturan yang ada, bahkan melakukan pembiaran terhadap terjadinya pelanggaran sehingga bagunan melanggar menumpuk,” tuturnya.

Ditambahkannya, sebelum penataan tata ruang di Kecamatan Jagakarsa tidak karuan, pihaknya meminta aparat terkait melakukan tindakan.

“Pekan depan kita akan menyurati Plt Walikota Jaksel, Irbanko Jaksel hingga Kasudin CKTRP Jaksel untuk meminta dilakukan pemeriksaan terhadap maraknya bangunan melanggar di Kecamatan Jagakarsa,” paparnya.

Budiono selaku Kasektor CKTRP Jagakarsa yang dikonfirmasi kembali mempertontonkan sikap cueknya.

Salah seorang sumber terpercaya di kantor Kecamatan Jagakarsa menyampaikan agar Inspektorat DKI melakukan pemeriksaan terhadap Kasektor CKTRP Jagakarsa secara menyeluruh.

“Inspektorat harus turun tangan melakukan pemeriksaan secara intens, karena mereka semua tau bangunan itu melanggar, tetapi membiarkan,” katanya dengan meminta identitasnya dirahasiakan.

Penulis: Anggiat S
judul gambar
  • Share
judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *