banner 728x250

Diduga Penyalahgunaan Medsos, Akun Facebook “Mu Arif” akan Dilaporkan ke Pihak Berwajib

  • Share

Aceh Timur, MEDIATRANSPARANCY.COM – di era digital seperti saat ini, media sosial seolah menjadi kebutuhan pokok bagi setiap orang. Media sosial mempermudah komunikasi dan berbagi informasi tanpa batasan jarak dan waktu, namun tidak sedikit juga orang atau oknum yg menyalah gunakan media sosial bahkan sampai menjerumus keranah hukum.

Seperti yang dialami pemilik akun Facebook bernama Mu Arif yang dengan sengaja mengedit foto Dedi Saputra seorang warga Gampong Jawa, kecamatan Idi Rayeuk, kabupaten Aceh Timur.

judul gambar

Kepada media MediaTransparancy.com Dedi mengatakan akun Facebook Mu Arif mengunggah postingan dari satu Minggu yang lalu hingga sekarang Senin (18/01/2021) yang diduga mengandung muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baiknya.

“insyaallah Saya akan melaporkan kepihak berwajib siang nanti selepas Dzuhur, karena postingannya diduga mengandung muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik kepada saya, ” kata Dedi

Ditambahkan, sebagai warga negara yang tahu hukum, maka ia menyerahkan sepenuhnya penegakan hukum kepada aparat penegak hukum.

Lanjutnya lagi mengatakan pelanggaran UU ITE seperti kasus diatas, sudah jelas tertuang pada Pasal 27 ayat (3) Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) sebagaimana yang telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

“Pelaku dugaan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik di medsos dapat diancam pidana,”

juga mengatakan, mengenai sanksinya diatur dalam Pasal 45 ayat (3) UU 19/2016

“Bahwa setiap orang yang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik sebagaimana dimaksud dalam Pasal 27 ayat (3) dipidana dengan pidana penjara paling lama 4 (empat) tahun dan/atau denda paling banyak Rp750.000.000,00 (tujuh ratus lima puluh juta rupiah),”ujar Dedi mengakhiri penjelasannya.

“Banyak postingan foto saya di sandingkan dengan wanita yang bernama Rina tidak lain teman saya satu desa dan sekolah,namun yang aneh nya akun Mu Arif memasang foto profil Rina seolah itu Rina” lanjut dedi

“Saat akun Facebook Mu Arif mengupload foto saya dan Rina seolah kami ada hubungannya sedangkan kami masing-masing sudah mempunyai pasangan.” tambahnya

“Malah saya ajak berteman melalui FB nya Mu Arif tidak ada tanggapan begitu juga Rina tidak di tanggapi oleh Mu Arif.” tutup Dedi

Reporter: (Ami)

judul gambar
  • Share
judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *