banner 728x250

Diduga Tidak Sesuai Kontrak, Kementerian PUPR Diminta Periksa Pelaksanaan Proyek Pembangunan Bronjong Aek Silang di Humbahas

  • Share

HUMBAHAS, MEDIA  TRANSPARANCY – Pelaksanaan pembangunan bronjong Aek Silang, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan, Provinsi Sumatera Utara ditenggarai tidak sesuai kontrak, sehingga perlu penelusuran lebih lanjut.

Hal tersebut disampaikan Ketua Umum Gerakan Cinta Indonesia (LSM-GRACIA), Ronal Sihotang, SE kepada Media Transparancy, Jumat, (12/3/21).

judul gambar

Dikatakannya, proyek dengan anggaran yang bersumber dari APBN sebesar 18 miliar tersebut diduga dilaksanakan tidak sesuai kontrak.

“Kami menduga ada yang salah dalam pelaksanaan proyek bronjong tersebut, sehingga harus dilakukan pengusutan,” ujarnya.

Dikatakannya, sesuai dengan data lapangan, bahwa material batu untuk pembangunan proyek bronjong tersebut diambil dari lokasi sekitar.

“Matetial batu untuk kepentingan proyek tersebut diambil dari sungai dan juga bukit sekitar lokasi proyek,” ungkapnya.

Tidak hanya masalah material, pihak kontraktor juga diduga lalai terhadap keselamatan kerja (K3).

“Areal proyek begitu berbahaya, namun sepertinya kontraktor lalai dalam menjalankan urusan keselamatan kerja,” sebutnya.

Untuk itu, Ronal Sihotang meminta pihak institusi terkait, yaitu Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk melakukan pemeriksaan secara terperinci.

“Kita minta Menteri Basuki untuk melakukan penyelidikan secara menyeluruh, apakah pekerjaan tetsebut telah sesuai atau belum,” tuturnya.

Sementara itu, pihak kontraktor pelaksana, Budi Banjarnahor yang dikonfirmasi terkait pelaksanaan pekerjaan Bronjong Aek Silang tetsebut  tidak mau menjawab secara secara rinci.

Seperti diketahui, untuk mengatasi permasalahan banjir yang sering kali terjadi akibat luapan air sungai ketika musim penghujan datang, Kementerian PUPR mengalokasikan anggaran sebesar 18 miliar lebih untuk pembangunan bronjong Aek Silang yang dikerjakan oleh PT Kartika Indah Jaya.

Namun dalam pelaksanaannya, diduga tidak sesuai kontrak yang sudah disepakati bersama.

Penulis: Anggiat S
judul gambar
  • Share
judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *