Home NASIONAL Digelar Besok, 1000 Peserta akan Ikuti Upacara Peringatan HUT RI ke 71...

Digelar Besok, 1000 Peserta akan Ikuti Upacara Peringatan HUT RI ke 71 di Enggano

212
0
Foto : Warga Enggano

Jakarta, Mediatransparancy.com – Pulau Enggano yang merupakan satu dari 92 pulau-pulau kecil terluar yang berpenduduk di Indonesia, dan secara administrasi terletak di Kecamatan Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu, akan menjadi tempat upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 71 untuk pulau-pulau kecil terluar, pada Rabu (17 Agustus) besok.

Menurut Subdirektorat Pendayaguaan Pulau-Pulau Kecil Terluar, Direktorat Pendayagunaan Pulau-Pulau Kecil, Ditjen Pengelolaan Ruang Laut, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), pelaksanaan upacara HUT Kemerdekaan RI ke 71 itu akan dipusatkan di lapangan Desa Apoho.

“Ditargetkan upacara ini akan diikuti oleh 1000 orang peserta, yang mewakili Kementerian Kelautan dan Perikanan beserta 17 Kementerian/Lembaga anggota Tim Peraturan Presiden Nomor 78 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Pulau-pulau Kecil Terluar, Pemerintah Daerah, Perguruan Tinggi, LSM dan masyarakat Enggano,” bunyi siaran pers Kementerian Kelautan dan Perikanan, beberapa waktu lalu.

Adapun yang akan bertindak sebagai Pasukan Pengibar Bendera adalah putra-putri Pulau Enggano, yang saat ini masih terus melakukan latihan secara intensif.

Selain upacara, pada peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-71 ini, juga dilaksanakan digelar penanaman vegetasi pantai (kerjasama dengan DKP Provinsi Bengkulu) pada Selasa (16/8) ini; Transplantasi Terumbu Karang (kerjasama dengan DKP Provinsi Bengkulu dan Universitas Bengkulu), Aksi Tepian Negeri (Reef Check, pendirian Rumah Baca, Pemutaran Film-film Edukasi, dan Bersih Pantai) kerjasama dengan Destructive Fishing Watch Indonesia, serta ditutup dengan perayaan Festival Enggano.

Sebelum menuju Pulau Enggano, para peserta upacara juga mengikuti Workhsop Pengelolaan PPKT yang diselenggarakan di Gedung Serbaguna Kantor Gubernur Bengkulu, Senin (15/8) kemarin, dengan mengangkat tema sesuai Instruksi Presiden Jokowi “Kerja Nyata Percepatan Pembangunan Pulau Enggano”. Workshop ini menghadirkan pembicara dari berbagai Kementerian/Lembaga teknis.

Penulis : Chris Muryat/rel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here