Home DAERAH Dinas Perkebunan Minta Perusahaan Dan Petani Dirikan Forum

Dinas Perkebunan Minta Perusahaan Dan Petani Dirikan Forum

203
0
Terkait Masalah Kebakaran Lahan Gambut
JAMBI, TRANSPARANCY.COM – Persoalan kabut asap yang terjadi di Kota Jambi mengharuskan Dinas Perkebunan Provinsi Jambi mengundang berbagai pihak baik pemilik perkebunan maupun petani yang terkait dalam masalah ini untuk hadir dalam acara Pertemuan Assosiasi Petani Perkebunan Provinsi Jambi (02/09), acara ini dihadiri 66 peserta dimana 33 dihadiri perusahaan perkebunan selebihnya dari lima instansi terkait Kabupaten Kota, kegiatan yang  berlangsung selama dua hari ini membahas mengenai antisipasi kebakaran lahan yang saat ini marak dibicarakan.
Menurut Kadis Perkebunan Provinsi Jambi Ir Budidaya, semua perusahaan yang bergerak dibidang perkebunan diharapkan dapat membangun posko kegiatan kebakaran dimasing-masing lokasi wilayah yang cenderung terjadi kebakaran. Meminta perusahaan-perusahaan harus membantu peralatan dengan operatornya apabila terjadi kebakaran disekitar lokasi kebun dan kita sama-sama berpartisipasi untuk mencegah kebakaran lahan.
Dikatakan Budidaya, mereka juga membuat forum dimasing-masing wilayah seperti wilayah Muaro Jambi yang ada beberapa titik rawan terjadi kebakaran lahan, sampai saat ini lahan yang terbakar di kabupaten Muaro Jambi seluas 150 Ha, di Kabupaten Tanjabtim di PT AGRA seluas 300 Ha dan 180 Ha dilahan kosong.
 Yang sangat rawan kebakaran di daerah rawan gambut di Kabupaten Tanjabtim.”ujar Budidaya. Diakui Budidaya, perusahaan yang tidak ada lahan pengembangannya tidak mungkin membakar lahannya sendiri, logikanya yang punya kebun tidak mungkin membakar lahannya sendiri untuk pengembangan tanahnya. Kalau dia bakar dapat menambah masalah untuk apa mereka mengambil resiko itu.
Tingkat kebakaran lahan yang terparah itu terjadi ditahun 2014 dibandingkan dengan tahun sebelumnya yakni tahun 2012 dan 2013.” harapan saya kedepannya  jadi semua kita stik older harus peduli tidak hanya perkebunan saja tetapi semua masyarakat menyadari akibat dari kebakaran lahan ini bisa merugikan kita semua.”sebutnya. Selain itu, kita semua harus peduli dengan kebakaran lahan yang terjadi saat ini tidak hanya pemerintah Provinsi saja yang peduli tetapi Kabupaten Kotapun harus ikut ambil bagian dalam menyelesaikan permasalah ini.(lia)              

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here