Home DAERAH Dinas PU Provinsi Jambi Siap Bekerja Keras

Dinas PU Provinsi Jambi Siap Bekerja Keras

263
0
Gbr: Kepala dinas PU Provinsi Jambi saat memberi sambutan

Today at 8:36 AM
Ir.Bernhar Panjaitan: Dinas PU Provinsi Jambi siap Bekerja keras,bergerak cepat dan bertindak tepat dalam mendukung pembangunan yang berwawasan lingkungan

Jambi, Mediatransparancy.com – Belum lama ini Gubernur Jambi meresmikan 3 (tiga) gedung UPTD sekaligus, yaitu Gedung Balai Pengujian, Gedung Workshop Pelatihan Kontruksi dan Gedung Logistik Balai Alkal (06/02). Gedung UPTD yang terletak di Pasir Putih ini masing-masing dibangun dengan sumber dana APBD Provinsi Jambi.

Fhoto bersama Gubernur, Kadis PU Jambi dan Tenaga   Terampil
Fhoto bersama Gubernur, Kadis PU Jambi dan Tenaga Terampil

Dalam sambutannya Gubernur Jambi H. Hasan Basri Agus (HBA) mengungkapkan Dinas PU merupakan dinas yang sangat penting karena merupakan seluruh konstruksi bangunan dan jalan merupakan perencanaan dari PU yang harus matang dan tepat agar hasil jalan yang dibuat cukup memadai.
Gbr: Peresmian Gedung UPTD oleh Gubernur Jambi
Gbr: Peresmian Gedung UPTD oleh Gubernur Jambi

Pada kesempatan ini Gubernur HBA juga memberikan apresiasi positif terhadap pembangunan ketiga gedung UPTD yang baru selesai dibangun. “Keberadaannya diharapkan mampu menjaga dan menunjang pembangunan infrastruktur berkualitas dengan cara terwujudnya bangunan yang fungsional, handal, yang menjamin keselamatan, kesehatan, kenyamanan dan kemudahan bagi pengguna serta selaras dengan pembangunan lingkungan yang berkelanjutan, ” ungkap Gubernur.
Gbr: Gubernur Jambi memberikan penghargaan kepada seratus orang   tenaga terampil
Gbr: Gubernur Jambi memberikan penghargaan kepada seratus orang tenaga terampil

Kepala Dinas Pekejaan Umum (PU) provinsi Jambi Ir. Bernhar Panjaitan. MM menuturkan bahwa ketiga gedung UPTD ini masing-masing dibangun dengan sumber dana APBD yaitu: 1. Gedung Balai Pengujian dari APBD provinsi jambi tahun 2013 pada bidang cipta karya dinas PU Provinsi Jambi dengan anggaran Rp.3 milyar, gedung UPTD ini sendiri mempunyai Visi yaitu “ Terwujudnya standar mutu bangunan praserana fisik bidang jalan jembatan, irigasi, banguanan gedung yang sesuai standar nasional Indonesia (SNI) dan standar lainnya serta mendukung pembangunan yang berwawasan lingkungan”. Selain itu juga Gedung Balai Pengujian ini telah berhasil mendapatkan sertifikasi sebagai laboratorium penguji dari balitbang kementrian PU RI tahun 2011 sebagai laboratorium terkreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN).

Selain itu juga Bernhar menambahkan yang ke-2 yaitu Gedung Workshop Pelatihan Kontruksi Lengkap, Balai Jasa Kontruksi dibangun dari dana APBD Provinsi Jambi tahun 2014 dengan nilai Rp.3.197.037.000,-. Saat ini kebutuhan akan tenaga kontruksi yang berkompeten tidak sebanding dengan jumlah tenaga kotruksi yang tersedia.

Pemerintah sendiri hanya mampu menyediakan pelatihan rata-rata untuk 8ribu orang pertahun sedangkan yang dibutuhkan mencapai 220 ribu orang pertahunnya, maka dari itu perlu ada terobosan dan ekselerasi serta perluasan pelatihan kontruksi guna mewujudkan tenaga kerja kontruksi yang berkompetensi dan kompetitif. UPTD jasa kontruksi bersama dengan LPJK Provinsi Jambi mempunyai target mencetak 1.000 tenaga kerja yang terampil dan memiliki SKT, sedangkan saat ini tenaga terampil yang memiliki SKT melalui pelatihan dan uji kompentensi sampai saat ini sudah mencapai 1.338 tenaga terampil yang pelatihannya dilaksanakan oleh UPTD jasa kontruksi tahun 2014 satker wilayah Palembang yang diadakan oleh LPJK Provinsi Jambi dan telah melebihi target yang telah ditetapkan.

Sedangkan tahu 2015 ini target penambahan tenaga kerja terampil meningkat menjadi 1200 orang. Bernhar juga mengungkapkan sedangkan yang ke-3 yaitu Gedung Logistik Balai, Alkal dibangun dari dana APBD Provinsi Jambi tahun 2014 dengan alokasi dana Rp.3 milyar sesuai dengan visinya yaitu “ mewujudkan tugas pokok dan fungsinya”. UPTD Balai Alkal telah berhasil mencapai kinerja antara lain kontruksi untuk PAD Provinsi Jambi yang telah melebihi target tahun 2014.

Selain itu juga bidang SDM balai alkal telah berhasil menoreh beberapa prestasi yang membanggakan antara lain juara 1 dan 2 pada perlombaan keterampilan Operator Excavator tahun 2012, tahun 2013 dan beberapa penghargaan tahu 2014 tingkat nasional.

Untuk UPTD Alkal kami berkomitmen penuh untuk melakukan penanganan sesegera mungkin untuk kelancaran akses transportasi jalan melaui upaya-upaya berupa perbaikan atas terjadinya kerusakan jalan diluar jadwal pemeliharaan tentatif, sesuai dengan motto PU “ Bekerja Keras, Bergerak Cepat, bertindak tepat” tambah bernhar lagi. (lia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here