Home DAERAH Dinas PU Provinsi Jambi Tingkatkan Pembangunan Bidang ke-PU-an dalam mensukseskan Jambi Emas...

Dinas PU Provinsi Jambi Tingkatkan Pembangunan Bidang ke-PU-an dalam mensukseskan Jambi Emas 2015

251
0
Jambi-Mediatransparancy.com -Bertempat di  Aula Kantor Dinas Pekerjaan Umum  Provinsi Jambi, Gubernur Jambi H. Hasan Basri Agus (HBA) secara langsung membuka Rapat Koordinasi Dan sinkronisasi Program ke-PU-an Provinsi Jambi (18/03).Turut hadir dalam rapat ini Ketua Bappeda Provinsi Jambi Achmad Fauzi Ansori, kadis Perhubungan Provinsi Jambi Sri Sapto Edi, Direktur PDAM Kota Jambi, Pejabat SKPD PU dan Bappeda Kabupaten/Kota se-Provinsi Jambi.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jambi Ir. Benhard Panjaitan dalam sambutannya mengatakan dua bulan terakhir ini kami telah melakukan roadshow turun langsung ke kab/ kota dalam  Provinsi Jambi yang bertujuan ingin menerima langsung untuk melihat dan mendengarkan  aspirasi masyatakat dan usulan Bupati/Walikota dan sinergitas PU provinsi  dengan kab/kota.
Bernhart juga memaparkan capaian-capaian kinerja yang telah di raih oleh Dinas PU mulai dari tahun 2010 hingga 2015 rata-rata capaian kinerja telah mencapai 70% dalam bidang sumber daya air, bina marga, cipta karya, perumahan  serta UPTD Jakon, ALKAL dan Pengujian. selain itu juga disampaikan permasalahan – permasalahan yang dihadapi antara lain di bidang kebijakan dan kelembagaan, perencanaan, pelaksanaan.
dinas-pu
Kepala Dinas PU Provinsi Jambi Ir PB Panjaitan MM mengatakan, berdasarkan Surat keputusan Gubernur Jambi Nomor : 567/KPTS/2012 Tentang Penetapan Ruas-Ruas Jalan Menurut Statusnya Sebagai Jalan Provinsi maka kewenangan penyelenggaraan jalan secara umum dan penyelenggaraan Jalan Provinsi dilaksanakan oleh Gubernur Jambi melalui Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jambi.
“Jalan provinsi itu mencapai 1.504,929 Km yang tersebar di Provinsi Jambi dengan rincian : Ruas Jalan Provinsi di Kabupaten Tanjab Barat sepanjang 111,372 Km, Kabupaten Tanjab Timur sepanjang 138,374 Km, Kabupaten Muarojambi sepanjang 138,281 Km, Kabupaten Tebo sepanjang 139,162 Km.Kemudian Kabupaten Bungo sepanjang 102,884 Km, Kabupaten Batanghari sepanjang 210,763 Km, Kabupaten Kerinci sepanjang 200,239 Km, Kabupaten Merangin sepanjang 216,211Km, Kabupaten Sarolangun sepanjang 192,779 Km, Kota Sungai Penuh sepanjang 10,910 Km dan Kota Jambi sepanjang 43,954 Km.Disamping itu Provinsi Jambi juga menangani Jembatan yang tersebar di ruas Jalan provinsi sebanyak 312 unit atau sepanjang 9.213,05 Km” ujar Bernhart .
Menurut PB Panjaitan, Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jambi disamping mempunyai program tersendiri, juga selalu mengakomodir program-program kegiatan yang diusulkan oleh kabupaten kota yang mempunyai nilai strategis dalam mendukung sistim jaringan transportasi di Provinsi Jambi.
Selain itu juga Gubernur Jambi H.Hasan Basri Agus (HBA) dalam sambutannya menambahkan bahwa sinergi antara Pemprov Jambi dengan kabupaten/kota harus dibarengi dengan keterpaduan perencanaan dan pelaksanaan program sektoral. Diharapkan dapat mempercepat upaya pengembangan kawasan ini sebagai sentra agribisnis di Provinsi Jambi.Pembangunan jalan dan jembatan di Provinsi Jambi ujung tombaknya berada pada PU Provinsi Jambi, khususnya Bidang Binamarga. Bina Marga bertanggung jawab terhadap implementasi pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan yang bertujuan meningkatkan arus barang dan jasa serta mengurangi tingkat kesenjangan antar wilayah melalui program peningkatan jalan dan jembatan.
Pendistribusian kegiatannya berdasarkan pendekatan kewilayahan (Wilayah Timur sampai Wilayah Barat Provinsi Jambi) melalui kegiatan-kegiatan berbentuk Pembangunan/Peningkatan dan Pemeliharaan rutin jalan dan jembatan di Provinsi Jambi.
Pembangunan jalan dan jembatan di Provinsi Jambi ujung tombaknya berada pada PU Provinsi Jambi, khususnya Bidang Binamarga. Bina Marga bertanggung jawab terhadap implementasi pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan yang bertujuan meningkatkan arus barang dan jasa serta mengurangi tingkat kesenjangan antar wilayah melalui program peningkatan jalan dan jembatan.
HBA juga menekankan SKPD guna mewujudkan pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung dan Rel Kereta Api lintas Sumatera, serta membuka akses jalan menuju Pelabuhan Ujung Jabung. HBA juga mengharap agar para SKPD berpikir besar untuk memajukan pembangunan insfrastruktur di Provinsi Jambi.
HBA menjelaskan,  efek positif dari selesainya pembangunan tentunya perekonomian  dan kesejahteraan masyarakat dapat ditingkatkan. “Saya berharap jalan yang telah dibangun dapat dimanfaatkan dengan baik dan ditindaklanjuti  oleh pemerintah kabupaten. Dengan membangun  dan meningkatkan ruas-ruas jalan yang menghubungkan pusat-pusat produksi karena wilayah ini merupakan sangat potensial dengan pertanian dan pemanfaatannya belum optimal,” jelas HBA.
Gubernur Jambi HBA juga menjelaskan bahwa sinergi antara Pemprov Jambi dengan kabupaten/kota harus dibarengi dengan keterpaduan perencanaan dan pelaksanaan program sektoral. “Diharapkan dapat mempercepat upaya pengembangan kawasan ini sebagai sentra agribisnis di Provinsi Jambi,” ujarnya.(lia/RM/hms).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here