banner 728x250

Dinkop UMKM Cirebon Yakini Layanan E-Commerce Solusi di Masa Covid

  • Share

KAB. CIREBON, MEDIA TRANSPARANCY – Berbagai langkah inovatif dalam rangka lebih memberdayakan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pada masa pandemi Covid-19 diambil Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon melalui Dinas Koperasi dan UMKM.

“Kami memberlakukan sistem perdagangan ekektronik atau disebut e-commerce, langkah ini sejalan dengan kebijakan dari pemerintah melalui Kementerian Koperasi RI,” kata M. Ferry Afrudin, Kepala Dinas (Kadis) Koperasi dan UMKM Kabupaten Cirebon saat ditemui mediatransparancy.com di ruang kerjanya, Kamis (14/1/2021).

judul gambar

Menurutnya, melalui e-commerce para pelaku UMKM dapat mengakses pasar dalam jangkauan lebih luas karena memanfaatkan teknologi digital. Selain itu, dari sisi Sumber Daya Manusia (SDM) dapat meningkatkan penguasaan manajemen bisnis yang dipasarkannya.

“Karena memang tujuannya sebagai salah satu upaya dalam mendukung program digitalisasi pemerintah, khususnya pemberdayaan UMKM di wilayah Kabupaten Cirebon,” tandasnya.

Sebelum kebijakan tersebut keluar, masih kata Fery, pihaknya telah berkolaborasi dengan beberapa marketplace yang ada.

“Sudah kita lakukan beberapa pelatihan, sosialisasi-sosialisasi, sehingga mereka dapat memasarkan produknya di marketplace tersebut, ” ujarnya.

Ia berharap, manfaat dari e-commerce dapat dirasakan pelaku UMKM. Terlebih dengan adanya pandemi Covid yang kini mengharuskan untuk mengikuti Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

“Diharapkan pemasaran melalui digitalisasi menjadi solusi yang tepat agar mereka bisa tetap melakukan kegiatan usahanya, terutama dalam hal pemasaran produk yang dihasilkannya,” pungkasnya.

Penulis: Acep
judul gambar
  • Share
judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *