Home DAERAH Dirjen Sumber Daya Air dan Anggota BPK Tinjau Pintu Air

Dirjen Sumber Daya Air dan Anggota BPK Tinjau Pintu Air

200
0
dirjen sumber daya air dan bpk tinjau langsung pintu air di provinsi jambi
Jambi, Mediatransparancy.com – Persiapan untuk menghadapi musim hujan yang berpotensi terhadap musibah bencana banjir dan longsor, Dirjen Sumber daya Air dari Kementrian PU pada rabu(27/1)  berkunjung ke Provinsi Jambi untuk meninjau situasi langsung ke lokasi.
Pj. Gubernur Jambi Dr. Ir. H. Irman M.Si mengatakan saat ini Provinsi Jambi dinilai siap menghadapi musim hujan yang mana berpotensi terhadap musibah banjir dan longsor dan khusus berkenaan dengan air, maka dari Dirjen Sumber Daya Air dan anggota BPK RI Prof. Rizal Djalil langsung berkunjung ke Jambi, karena dinilai propinsi paling siap untuk menghadapi musibah bencana Banjir dan longsor.
guna menghadapi musim hujan yang berpotensi terhadap musibah bencana banjir dan longsor, Dirjen sumber daya air dari Kementrian PU  berkunjung ke Provinsi Jambi untuk meninjau situasi langsung ke lokasi
guna menghadapi musim hujan yang berpotensi terhadap musibah bencana banjir dan longsor, Dirjen sumber daya air dari Kementrian PU berkunjung ke Provinsi Jambi untuk meninjau situasi langsung ke lokasi
Lebih lanjut dikatakan Pj. Gubernur Jambi H. Irman saat ini telah disiapkan posko dan menginventarisir semua peralatan, sarana dan prasarana  bahkan bantuan yang dari pusat beberapa waktu lalu diserahkan dilapangan kantor gubernur Jambi berupa mobil dan peralatan, perahu karet dan sebagainya.
Dirjen Sumber Daya Air  saat ini telah melaksanakan  pembangunan sarana dan prasarana  pencegahan banjir berupa tempat pengendalian banjir  yang mana pembangunannya sudah dilaksanakan selama 2 (dua) tahun,  anak-anak sungai yang mengalir ke sungai batanghari  akan  dikasih pintu dan dipasang pompa secara otomatis air tidak mengalir langsung.
Menurut Dirjen Sumber Daya Air pemasangan Pompa akan dilakukan sebanyak 5 buah dari kontrak 2017 yang mana anggarannya sebesar Rp. 278 milyar  dan pelaksanaanya selama 3-4 tahun atau  multi years. Jambi merupakan salah satu Kota yang setiap tahunnya kena banjir untuk itu Sumber Daya Air saat ini telah membuat  beberapa Pengendalian banjir
yang letaknya di wilayah sejinjang dan tahtul yaman seberang Kota Jambi.
Saat ini sungai – sungai  di inventarisir karena bila musim hujan muka air sungai lebih tinggi dari kota jambi , maka untuk itu anak – anak sungai yang mengalir ke sungai batanghari akan diberi pintu dan dipasang pompa  harapannya 2017  akan selesai jika exkalasinya tinggi maka jika ada banjir akan kita tanggani lagi.
Ditambahkan Dirjen Sumber Daya Air  melalui Balai Wilayah Sumatera VI juga akan melakukan perbaikan saluran – saluran  dan normalisasi  sehingga jika air sungai batanghari naik maka tidak bisa masuk.
Kepala Balai Wilayah Sumatera VI Ir. H. Bambang Hidayah juga mengatakan  pada tahun 2016 ini direncanakan Balai Wilayah Sumatera VI akan melaksanakan pembangunan turap sepanjang 550 meter dari sungai asam hingga reklamasi Pasar Angso Duo yang baru membantu program Walikota Jambi dan menurut nya akan di prioritaskan untuk Kota Jambi.(lia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here