Home INSPIRASI Disbudpar Jambi dinilai sebagai pelopor sosialisasi “New9woderful”

Disbudpar Jambi dinilai sebagai pelopor sosialisasi “New9woderful”

230
0

JAMBI, MEDIATRANSPARANCY – Ketua Forum Indonesiaku yang juga Presiden Program New9Wonderful Indonesia, Daniel Illi Kumendong mengatakan Jambi dengan destinasi unggulan Danau Gunung Tujuh telah menjadi pelopor sosialisasi program tersebut di Indonesia. “Ini adalah program sosialisasi secara terbuka perdana yang digelar oleh pemerintah daerah,” kata Daniel Kumendong di Jambi, Jumat.

Jambi sebagai pelopor sosialisasi ini dan menjadi wujud dari antusias dan seriusnya pemda setempat menyambut program yang akan digulirkan secara resmi pada 1 Januari 2015 (awal 2016) nanti, ujarnya. “Karena itu, saya rela untuk hadir di sini dengan penuh semangat dan antusias pula,” kata Daniel Kumendong. Ia mengharapkan apa yang dilakukan Jambi melalui Bidang Pengembangan Destinasi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi di kegiatan resmi bernama Festival Batangahari tersebut akan memicu sekaligus melecut pemda-pemda lain untuk segera menyosiaisasikan Daerah Tujuan Wisata (DTW) unggulannya yang terpilih jadi nominasi New9WOnderful Indonesia kepada masyarakat.

“Kalau mau dibilang, Jambi telah mencuri start masa ‘kampanye’, tapi ini positif bagi program baru, karena menunjukkan betapa Jambi begitu, serius dan antusias menyambut program yang merupakan manifestasi dari konsep pemikiran Presiden Jokowi tentang Indonesia sebagai poros maritim dunia,” katanya. Menurut dia, dalam konsep pembangunan Indonesia sebagai poros maritim dunia maka pihaknya merespon dengan membentuk program kompetisi atau pemilihan destinas-destinasi wisata alam unggulan Indonesia yang nantinya diharapkan akan menjadi magnet atau poros-poros pengembangan potensi-potensi kepariwisataan di Tanah Air yang jutaan jumlahnya. New9Wonderful terbagi dalam enam kategori, yakni kategori danau, yang terdiri dari enam danau dan Danau Gunung Tujuh Kerinci Jambi termasuk sebagai kandidat kuatnya, lalu Danau Kalimutu, Danau Singkarak, Danau Toba, Danau Sentani, dan Danau Sentarung. Selain itu, ada juga kategori pulau, kepulauan, sungai, taman nasional, dan gunung, tapi Jambi tak berhasil meloloskan DTW unggulan di kategori-kategori tersebut, sehingga bisa lebih berkosentrasi menyiapkan Danau Gunung Tujuh secara maksimal untuk jadi favorit bagi wisatawan dunia nantinya.

“Dalam konsep Indonesia sebagai negara poros maritim dunia sebenarnya merupakan (upaya) untuk penciptaan paradigma baru tentang Indonesia yang ikonik,” katanya. Ia mencontohkan Jepang dengan ikon sebagai negara mobil dunia, Perancis sebagai negara fashion dunia atau Brazil sebagai sebagai negara sepakbola dunia maka Indonesia adalah sebagai negara taman wisata dunia. Ke depannya ikon inilah yang akan diciptakan menjadi magnet utama dalam mengundang perhatian dan minat dunia guna mengenal Indonesia dan selanjutnya berinvestasi di negeri ini. Danau Gunung Tujuh di Kerinci, kata Daniel, adalah salah satu kandidat kuat DTW yang bisa saja terpilih sebagai DTW pilihan utama oleh masyarakat wisata dunia. Oleh karena itu mulai saat ini Jambi sudah diperbolehkan menyiapkan program-program sosialisasi atau kampanyenya untuk bisa merebut perhatian masyarakat dunia untuk memilihnya sebagai DTW pilihan utama dalam program web-voting yang akan segera dibuka mulai 1 Januari 2015 (awal tahun 2016) dan hasilnya akan diumumkan pada 25 September bertepatan dengan Hari Wisata Dunia. “Dengan waktu sosialisasi yang lebih panjang, kita yakin Danau Gunung Tujuh, yang dikelilingi tujuh gunung, akan memperoleh predikat terpopuler di mata masyarakat dunia selaku voter atau pemilih,” tegas Daniel.(Hisar/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here