banner 728x250

Dosmar Banjarnahor Buka Seminar Pendidikan Nasional di Humbahas

  • Share

HUMBAHAS, mediatransparancy.com – Bupati Humbahas, Dosmar Banjarnahor, SE membuka seminar pendidikan nasional di Humbang Hasundutan, Selasa (22/11) bertempat di Aula Huta Mas Doloksanggul. Seminar ini diselenggarakan Dinas Pendidikan Sumut Cabang Dinas Pendidikan Humbahas dengan peserta seluruh guru SMA/SLB Negeri Swasta se-Kabupaten Humbahas dan sebagian guru SMK, termasuk guru SMA/SMK dari Tapanuli Utara.

Tampil sebagai narasumber yaitu motivator nasional Saut Sitompul, M.Si dan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Humbahas, Drs. Alfred H Silalahi, M.Si.

judul gambar

Ketua MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah) SMA-SLB Humbang Hasundutan, Panutur Simorangkir, S.Pd menjelaskan, tujuan seminar tersebut demi meningkatkan motivasi guru dalam mendukung implementasi Kurikulum Merdeka tahun 2023.

“Meningkatkan pemahaman peserta terhadap kurikulum merdeka. Kemudian, guru memiliki karakteristik kritis dalam konten dan pengalaman pembelajaran untuk menerapkan pendidikan 4.0 yang meliputi kemampuan berinovasi, kreatif, kemampuan IT dan kemampuan interpersonal,” ujarnya.

Bupati Humbahas mengucapkan terimakasih kepada Cabang Dinas Pendidikan Humbahas dalam penyelenggarakan seminar pendidikan nasional tersebut, sehingga bisa meningkatkan motivasi guru dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 dan implementasi kurikulum merdeka tahun 2023.

Dikatakannya, peran kepala sekolah sangat menentukan keberhasilan di sekolah dan nasib siswa berada di tangan guru. Ditangan gurulah kekuatan utama demi memperbaiki pendidikan ke depan.

“Seminar pendidikan ini kami sambut dengan baik. Pendidikan di Humbahas harus sama-sama kita perbaiki demi masa depan anak-anak. Berikan yang terbaik bagi anak-anak didik. Tanpa guru tak mungkin anak-anak didik pintar dan berhasil. Karena pengetahuan membawa dampak yang luar biasa. Sehingga anak-anak didik bisa bersaing di kota-kota besar seperti di Jawa,” harap Bupati Humbahas.

Bupati Humbahas menambahkan, saat ini Pemkab Humbahas sedang menerapkan metode gasing (gampang asik menyenangkan) khusus bidang matematika untuk tingkat PAUD, SD dan SMP. Ini semua dilakukan demi peningkatan pendidikan di Humbang Hasundutan. Bahkan sudah ada 7 kabupaten/kota meminta Pemkab Humbahas untuk mengajari metode gasing.

Bupati Humbahas juga menjelaskan, bahwa Pemkab Humbahas sangat serius dalam peningkatan mutu pendidikan. Sehingga anak-anak didik dari Humbang Hasundutan yang masuk ke 11 PTN (Perguruan Tinggi Negeri) terbaik di Indonesia termasuk USU dengan program studi akreditasi A atau akreditasi unggul diberikan beasiswa.

“Pemkab Humbahas memberikan beasiswa bagi siswa dan mahasiswa yang berprestasi, tidak ada alasan tidak sekolah. Karena dengan pendidikanlah masyarakat hidup sejahtera,” tegas Bupati.

Hadir dalam seminar itu, Asisten Administrasi Umum, Drs Janter Sinaga.

Sebagai ungkapan terimakasih, Cabang Dinas Pendidikan Humbahas memberikan cendramata berupa ulos kepada Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor, SE dan motivator nasional Saut Sitompul. JM SIBURIAN

judul gambar
  • Share
judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published.