banner 728x250

DPP dan DPD Pencak Silat Sekinci-kinci Resmi di Kukuhkan

  • Share

Lampung Utara,- Perguruan Pencak Silat Sekinci – kinci Lampung menyelenggarakan kegiatan pengukuhan dan pelantikan Dewan Pengurus Pusat (DPP), Provinsi serta Pengurus Daerah se- Provinsi Lampung. Kegiatan tersebut di selenggarakan di rumah guru besar Sekinci – kinci Hasbullah, tepatnya di Dusun Talang Belimbing, Desa Pekurun Udik, Kecamatan Pekurun, Kabupaten Lampung Utara. (Lampura) pada Minggu kemarin(2/10) Senin (03/10/2022).

Ketua umum DPP Sekinci – kinci Drs.H.Mawardi harirama.,M.Si dengan gelar adat Sultan Seghayo Puncak Nur, mengucapkan selamat atas terselenggaranya pengukuhan dan pelantikan ketua DPP Dan DPD se-provinsi Lampung. Dengan di kukuhkannya pengurus daerah sampai ke pengurus pusat pencak silat Sekinci – kinci ini saya mengharapkan kepada kita semua selaku warga Sekinci – kinci agar dapat menjaga dan melestarikan pencak silat Sekinci – kinci, karena pencak silat Sekinci- kinci ini, merupakan literasi seni dan budaya bela diri asli lampung yang di wariskan leluhur kepada kita. Alhamdulillah pada kesempatan pengukuhan yang di selenggarakan pada hari ini minggu (2/10) dari 15 kabupaten kota se-provinsi lampung, sudah 10 DPD Sekinci – kinci yang telah terbentuk.

judul gambar

” Untuk melestarikan pencak silat Sekinci – kinci, kita harus saling berjibaku satu sama lain, perkenalkan Sekinci-kinci kepada para generasi muda selaku penerus, agar kedepannya masyarakat luas dapat memahami dan mengetahui bahwa memang pencak silat Sekinci – kinci adalah pencak silat asli lampung, selain itu saya mengharapkan dengan dilantiknya pengurus pusat dan daerah pencak silat asli adat Lampung sekinci-kinci dapat membangun generasi muda untuk lebih baik dalam menjaga keperibadian dan tingkah laku agar dijauhkan dari hal-hal yang tidak baik” , tuturnya

Lanjut ketua DPP, Alhamdulillah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT atas kesuksesan terselenggaranya kegiatan pengukuhan DPP dan DPD Pencak silat Sekinci – kinci ini. Selanjutnya perlu kita ketahui bersama, bahwa pencak silat Sekinci – kinci ini telah turun temurun di kembangkan oleh guru besar kita Buya Hasbullah,seiring waktu alhamdulillah saat ini pencak silat Sekinci – kinci berkembang begitu pesat dan telah dikenal di masyarakat luas, khusunya generasi muda penurus literasi budaya adat lampung yang ada di provinsi Lampung, paparnya

Setelah Pengukuhan dan Pelantikan ketua DPP dan DPD kegiatan dilanjutkan dengan tradisi angkat sumpah persaudaraan antar murid di dalam perguruan Sekinci – kinci.
Dari hasil informasi yang berhasil di himpun awak media, bagi murid Sekinci-kinci yang telah disumpah, berarti telah mempersiapkan diri untuk naik tingkat, dalam bahasa lampungnya cakak besei, atau berlatih langsung menggunakan senjata tajam asli. (Sis)

judul gambar
  • Share
judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published.