banner 728x250

Dukcapil Jakarta Utara Buka Layanan Rekam KTP-EL Setiap Sabtu Bagi Warga Usia Enam Belas Tahun

  • Share

MEDIATRANSPARANCY -Bagi Warga Jakarta Utara, yang sudah berusia 16 tahun, diberikan waktu dan kesempatan untuk perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP E)

Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Administrasi Jakarta Utara, membuka pelayanan perekaman KTP-El bagi warga, yang sudah cukup umur memiliki KTP e. Pelayanan dibuka di 31 kantor Kelurahan se-Jakarta Utara, waktunya setiap hari Sabtu mulai 22 Mei hingga 26 Juni 2021, bulan depan.

judul gambar

Sudin Dukcapil membuka layanan perekaman KTP-El bagi warga yang berusia 16 tahun 6 bulan. Kegiatan pelayanan ini sudah kami sampaikan dan sosialisasikan melalui pengurus RT/RW pada setiap kelurahan,” kata Edward Idris, Kepala Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Administrasi Jakarta Utara saat dikonfirmasi, Sabtu 22/5/ 2021.
Namun bentuk pelayanan yang dilakukan Sudin Dukcapil adalah, layanan hanya berupa perekaman data saja seperti biodata, iris mata, dan sidik jari. Sedangkan fisik KTP-El baru akan dicetak pada saat warga tersebut tepat berusia 17 tahun.

“Jadi hanya perekaman saja supaya nantinya status data warga tersebut di sistemnya print ready record (data siap dicetak) dan bisa dicetak saat usianya tepat 17 tahun,” jelasnya.

Edward menerangkan, warga dapat mengajukan permohonan layanan perekaman KTP e tersebut melalui aplikasi berbasis android, Alpukat Betawi milik Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi DKI Jakarta.
Warga juga diberikan keleluasaan  dapat mengunjungi Kelurahan setempat secara langsung mulai Pukul 08.00 hingga 12.00 WIB.Pemohon dapat membawa dokumentasi kependudukan seperti fotokopi Akte Lahir dan Kartu Keluarga (KK).

Menurut Edward, “Kami pastikan proses perekaman KTP-El mengedepankan protokol kesehatan. Seluruh petugas sudah divaksin dan prosesnya wajib memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Alat perekaman juga kami sterilisasi setelah digunakan setiap pemohon,” ucapnya menambahkan.

Penulis : P. Sianturi

judul gambar
  • Share
judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *