Home BERITA TERBARU Dukung Social Distancing, BPJS Kesehatan Kotabumi Maksimalkan Penggunaan Mobile JKN

Dukung Social Distancing, BPJS Kesehatan Kotabumi Maksimalkan Penggunaan Mobile JKN

54
0

LAMPUNG UTARA | MEDIA TRANSPARANCY – Dalam masa pencegahan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), BPJS Kesehatan terus berupaya untuk mengoptimalkan fungsi layanan di kantor cabang maupun kanal layanan lainnya tanpa mengurangi kualitas layanan kepada peserta yang membutuhkan pelayanan kepesertaan. Dengan maraknya penyebaran virus corona, masyarakat masih dapat mengakses layanan kepesertan JKN-KIS melalui layanan digital dalam apikasi Mobile JKN dan kanal BPJS Kesehatan Care Center 1500 400.

Hal ini dilakukan untuk mempermudah peserta melakukan urusan administratif tanpa harus mengunjungi Kantor BPJS Kesehatan sekaligus mencegah risiko penularan virus corona dengan melakukan social distancing yaitu mengurangi jumlah aktivitas di luar rumah dan interaksi dengan orang lain. Berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh aplikasi Mobile JKN sangat bermanfaat bagi peserta JKN-KIS, seperti yang diakui oleh Sugiarti (40). “Saya sebenernya was-was banget keluar rumah sekarang karena sedang wabah virus corona, tapi karena saya butuh ganti faskes mau nggak mau saya harus ke Kantor BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi,” ujar Sugiarti ramah kepada tim Jamkesnews, Jumat (20/03/2020).

Kedatangan wanita paruh baya yang sehari-harinya bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) ini ke Kantor BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi langsung disambut oleh satpam. Setelah menjelaskan maksud kedatangannya, ia dipersilahkan untuk menggunakan hand sanitizer dan diarahkan menuju petugas Service Officer.
“Saya langsung dipandu oleh petugas untuk mengunduh Aplikasi Mobile JKN sekaligus dijelaskan juga mengenai semua fitur yang ada di dalamnya. Ya ampun kalau tahu fiturnya lengkap banget begini mah saya mendingan ganti faskes di rumah aja nggak usah ke sini sambil bawa-bawa berkas, apalagi pemerintah juga menghimbau kita diem di rumah kan untuk mencegah penularan virus corona,” lanjutnya.

Layanan pendaftaran peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan Pekerja (BP), serta penggantian kartu hilang dialihkan melalui aplikasi Mobile JKN. Penambahan anggota keluarga PBPU dan BP serta perubahan identitas peserta non Penerima Bantuan Iuran (PBI) dialihkan melalui BPJS Kesehatan Care Center 1500 400. Adapun untuk perubahan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) non peserta PBI, serta perubahan kelas rawat peserta PBPU dan BP, dapat dilakukan melalui aplikasi Mobile JKN maupun BPJS Kesehatan Care Center 1500 400.
“Ternyata aplikasinya keren sekalin. Selain bisa ubah FKTP dan data peserta, di aplikasi ini juga ada fitur ketersediaan tempat tidur, pendaftaran antrean online, cek premi, bisa lihat riwayat pelayanan kesehatan dan lain-lain. Pokoknya saya bakal promosiin Aplikasi Mobile JKN kemana-mana, saya yakin banyak yang akan terbantu dengan adanya aplikasi ini di ponselnya,” tambah Sugiarti.

Sebelum pulang, Sugiarti berpesan kepada seluruh masyarakat untuk terus menjaga pola hidup sehat dan melakukan social distancing sebisanya di tengah maraknya wabah corona saat ini, dan jangan lupa untuk mengunduh aplikasi Mobile JKN di smartphone untuk bisa menggunakan berbagai fitur canggih yang akan memudahkan peserta JKN-KIS, pungkasnya

Sumber : Rilis BPJS Lampura

Penulis : Sis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here