Home Berita Terbaru Fachrori: Membangun Aparatur Sipil Negara Dengan Pengembangan Kompetensi

Fachrori: Membangun Aparatur Sipil Negara Dengan Pengembangan Kompetensi

38
0

JAMBI, MEDIATRANSPARANCY.COM  – Pelaksana Tugas (PLT) Gubernur Jambi, Fachrori Umar resmi membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Pengembangan SDM Aparatur dan Diklat Kepemimpinan Tingkat III Angakatan XI Provinsi Jambi Tahun 2019, Kamis (7/2/19) bertempat Gedung BPSDM.

Fachrori, dalam sambutannya mengatakan salah satu prinsip untuk membangun aparatur sipil negara sebagai profesi adalah melalui jalur pengembangan kompetensi yang mana saat ini undang-undang mengamanatkan setiap aparatur untuk memiliki kompetensi teknis, manajerial, sosio kultural serta pemerintahan, dimana kompetensi-kompetensi tersebut dapat kita lakukan melalui pendidikan dan pelatihan, seminar, kursus dan penataran.

“Untuk itu pengembangan sumber daya manusia aparatur melalui pengembangan kompetensi, memerlukan koordinasi yang terus menerus guna terwujudnya pembinaan dan pengawasan yang baik demi tercapainya pengembangan kompetensi bagi seluruh aparatur sipil Negara di Provinsi Jambi,” kata Fachrori.
Dirinya menuturkan, Rakor yang dilaksanakan merupakan pertemuan yang sangat penting guna mengevaluasi, mengkoordinasikan dan mensinergikan pelaksanaan pembinaan dan pengawasan pengembangan sumber daya manusia aparatur di Provinsi Jambi.

“Saya sangat mengharapkan agar para peserta dapat menemukan solusi dari berbagai isu-isu yang berkembang dalam pengembangan sumber daya manusia aparatur,” lanjutnya.

Sebagai peningkatan kualitas pelayanan publik yang menjadi dambaan dan harapan masyarakat memerlukan berbagai langkah strategis yang harus diimplementasikan oleh Pemerintah, diantaranya dengan mendorong penciptaan kreativitas pembaharuan atau memodifikasi jenis pelayanan melalui pengembangan inovasi pelayanan publik yang memberikan manfaat bagi masyarakat.

“Pengembangan inovasi pelayanan publik ini perlu didukung oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) yang kompetitif sehingga perlu dilakukan pengembangan kompetensi ASN,” tuturnya

Dirinya juga menyampaikan sebagai upaya pengembangan kompetensi ASN melalui pelaksanaan Diklat Kepemimpinan Tingkat III dan penyelenggaraan Diklat Kepemimpinan Tingkat III para peserta dituntut untuk menunjukkan kinerja dalam merancang suatu perubahan pada unit kerjanua sehingga melahirkan output yang signifikan. “Kemampuan peserta menjadi pemimpin perubahan inilah yang kemudian menentukan keberhasilan dalam memperoleh kompetensi yang ingin dibangun dalam penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan ini,” sambungnya.

Dengan demikian, dirinya berharap para peserta memiliki kesamaan pola pikir yang dinamis dan bemalar agar memiliki wawasan pengetahuan yang komprehensif dan semangat pengabdian yang berorientasi pada pelayanan prima dan pengembangan partisipasi masyarakat sehingga menjadi pemimpin perubahan yang baik.

“Untuk itu saya berharap kepada para peserta Rakor agar senantiasa terus meningkatkan koordinasi, agar terciptanya sinergitas dalam melaksanakan pembinaan dan pengawasan pengembangan sumber daya manusia aparatur sampai ke tingkat aparatur pemerintahan desa sehingga terwujudnya aparatur sipil negara Provinsi Jambi yang profesional yang memiliki kreatifitas dan kompetensi serta daya saing yang handal,” tandas Fachrori.

Reporter: Lia/hms
Editor : Hisar Sihotang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here