Home Daerah FESTIVAL DAN LOMBA SENI SISWA NASIONAL (FLS2N) TAHUN 2018

FESTIVAL DAN LOMBA SENI SISWA NASIONAL (FLS2N) TAHUN 2018

371
0

KOTA BEKASI, MEDIATRANSPARANCY.COM -Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional  (FLS2N) tahun 2018 ini akan dilanjutkan ke-tingkat nasional setelah para peserta lolos tahapan seleksi dari tingkat kabupaten dan Kota, kemudian tiap kabupaten/kota mengirimkan perwakilannya yang diambil dari para pemenang tingkat kabupaten/kota tadi untuk dikirim sebagai perwakilan ke tingkat provinsi. Para pemenang di tingkat provinsi ini terdiri dari berbagai daerah / kabupaten atau kotanya. Sehingga para pemenang dari tingkat provinsi inilah yang akan dikirim ke tingkat nasional untuk mewakili tingkat provinsi.

Pembukaan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) SD/SMP/SMA tingkat Kota Bekasi tahun 2018, yang diselenggarakan di SMP Negeri 21 Bekasi dijalan Banteng Blok H, Perumahan Villa Indah Permai Teluk Pucung Bekasi Utara, Kota Bekasi Jawa Barat yang digelar pada, Kamis (19/4/2018).

Saat ditanya mediatransparancy.com disela-sela acara, Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Kota Bekasi, Achmad Zarkasih mengatakan bahwa berdasarkan perintah bidang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tahun 2015-2019 adalah ‘terbentuknya insan serta ekosistem pendidikan dan kebudayaan yang berkarakter dengan berlandaskan gotong royong’.

“Sedangkan misi pemerintah dalam hal pendidikan bidang kementerian pendidikan dan kebudayaan 2015-2019 salah satunya adalah mewujudkan pelaku pendidikan dan kebudayaan yang kuat adalah menguatkan siswa, kepala sekolah dan guru serta orang tua dan pimpinan instansi pendidikan dalam ekosistem pendidikan,” tuturnya.

Untuk mewujukan visi dan misi kementerian pendidikan dan kebudayaan, lanjut Zarkasih maka perlu dilaksanakan berbagai kegiatan yang sekaligus dalam upaya dalam pemenuhan hak peserta didik dalam mengaktualisasikan dirinya secara optimal. “Kegiatan tersebut diantaranya penyelenggaraan festival dan lomba seni siswa nasional (FLS2N) ini,” paparnya.

Selain itu, saat membacakan sambutan Pj.Wali Kota Bekasi, R.Ruddy Gandakusumah, SH.,MH, Kepala Disparbud, Achmad Zarkasih menyampaikan, ”

Bahwa Patut Kita Bersyukur Ke Hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, ALLAH Swt. Atas Rahmat Dan Karunia-Nya Kita Dapat Berkumpul Di Tempat Ini Untuk Mengikuti Acara Pembukaan Festival Dan Lomba Seni Siswa Nasional (Fls2n) Siswa Sd/Smp/Sma Tingkat Kota Bekasi Yang Setiap Tahun Kita Selenggarakan Dan Ikuti Sampai Ke Tingkat Nasional.

Alhamdulillah Pada Tahun 2017 Kota Bekasi Mendapatkan Banyak Medali Dari Mata Lomba Yang Diselenggarakan Di Tingkat Provinsi Jawa Barat, Bahkan Kita Pada Tahun 2016 Mendapatkan Juara 1 (Pertama) Di Tingkat Nasional Untuk Mata Lomba Monolog Jenjang Sma Di Manado Provinsi Sulawesi Utara.

Pada Kesempatan Ini Saya Ingin Menyampaikan Terima Kasih Dan Penghargaan Kepada Para Guru Pembimbing Dan Pelajar Yang Telah Meraih Prestasi Gemilang Dan Membanggakan Pada Event Fls2n Di Tingkat Provinsi Sehingga Bisa Mewakill Provinsi Jawa Barat Ke Tingkat Nasional. Jika Putra/Putri Kota Bekasi Selalu Meraih Prestasi, Maka Nama Kota Bekasi Akan Harum Dan Membanggakan Kita Semua.

Pada Kesempatan Ini Pula Saya Mengajak Kepada Seluruh Elemen Yang Bergerak Di Dunia Pendidikan Dan Kebudayaan Mari Tingkatkan Terus Kualitas Pendidikan Terutama Di Bidang Seni Dan Budaya Di Kota Bekasi, Agar Kota Bekasi Dapat Berdiri Sejajar Dengan Daerah Lain Di Indonesia Dalam Kualitas Pelayanan Pendidikan, Khususnya Di Bidang Seni Dan Budaya.

Hadirin Yang Berbahagia,

Fls2n Merupakan Salah Satu Event Yang Tepat Sebagai Upaya Meletakkan Dasar Yang Kuat Dalam Pembangunan Kualitas Sumber Daya Manusia, Agar Mampu Mengembangkan Jati Dirinya, Yakni Dengan Menggali Potensi Serta Mengasah Kemampuan Dan Bakat Yang Dimiliki.

Dalam Konteks Pendididkan, Maupun Kompetisi, Kegiatan Ini Berguna Mengembangkan Daya Kreativitas, Sportivitas, Kedisiplinan Dan Kemampuan Bertanggung Jawab Dalam Berbagai Aktivitas.

Hadirin Dan Anak-Anakku

Peserta Lomba, Selain Merupakan Sarana Untuk Menemukan Bibit-Bibit Yang Memiliki Keunggulan Di Bidang Seni, Fls2n Dapat Dijadikan Sebagai Alat Ukur Untuk Mengetahui Sampai Sejauh Mana Tingkat Kemampuan Dan Kekuatan Serta Hasil Pembangunan Masing-Masing Sekolah Dalam Bidang Seni.

Dan Bagi Peserta Yang Menjadi Juara Di Tingkat Kota, Saya Harapkan Dapat Mengharumkan Nama Kota Bekasi Di Ajang Fls2n Tingkat Provinsi Jawa Barat Dan Nasional.

Demikian Sambutan Saya, Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa, Allah Swt Senantiasa Memberikan Bimbingan, Petunjuk Dan Lindungannya Kepada Kita Sekalian. Maka,

Dengan Mengucapkan Bismillahirrahmaannirraahim Kegiatan Festival Dan Seni Siswa Nasional

(Flszn) Sd/Smp/Sma Tingkat Kota Bekasi Tahun 2018 Secara Resmi Saya Nyatakan Dibuka. Terima Kasih,”

pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMP Negeri 21 Bekasi, Ria Murdiati, M.Pd dalam amanat sambutannya selaku tuan rumah sangat mengapresiasi kepada Disparbud Kota Bekasi yang telah memberikan kepercayaan kepada SMP N 21 Bekasi dalam pelaksanaan kegiatan FLS2N tahun 2018.

“Saya selaku penanggungjawab sekolah ini, berterimakasih kepada Disparbud yabg telah memberikan kepercayaan kepada kami dalam kegiatan FLS2N. Serta kami memohon ma’af atas kekurangan yang ada,” imbaunya.

Ketua Panitia FLS2N selaku Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Kesenian Disparbud Kota Bekasi, Teguh Indrianto, kepada awak media mengatakan bahwa para peserta lomba kali ini, adalah perwakilan UPTD pembinaan SD se-Kota Bekasi, selain perwakilan MKKS SMP Negeri/Swasta dan SMA Negeri/Swasta se-Kota Bekasi. “Kegiatan acara festival yang dilaksanakan Disparbud Kota Bekasi tahun 2018 ini dengan mengusung tema, Seni sebagai Inspirasi Keteladanan dalam Pendidikan Karakter. Dan nantinya peringkat juara pertama akan menjadi perwakilan pada tingkat provinsi,” ujarnya.

Dalam penuturannya Teguh juga mengatakan bahwa kegiatan festival bertujuan sebagai wadah dengan kreasi karya yang kreatif, inovatif melalui terobosan yang tercipta peserta didik dengan mengedepankan sikap sportivitas dalam mengembangkan diri secara patut. “Hal inilah yang ingin ditampilkan sehingga mampu menciptakan mutu pendidikan dan kebudayaan secara optimal di Kota Bekasi,” ungkap Teguh.

“Selain sebagai pengembangan ekspresi seni sesuai dengan budi pekerti dan karakter peserta didik. Dapat membina dan meningkatkan kreativitas pesera didik untuk mengekspresikan diri sesuai dengan minat dan bakat. Serta, mampu menerapkan apresiasi seni dan sastra khususnya terhadap tradisi budaya yang ada,” tandasnya.(Adv)

Reporter : Achmad Zark
Editor : Ahmad Z
alterntif text

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here