banner 728x250

Fokus Pelaksanaan PSBB Ketat Plh Wali Kota Jakpus Tolak Rencana Pemilihan Korlap Pasar Poncol

  • Share

Jakarta,mediatransparancy.comPelaksana Harian (Plh) Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat, Irwandi, menolak rencana pemilihan Koordinator Lapangan (Korlap) kepengurusan pedagang Pasar Polcol.

Plh melarang hal itu, karena akan menimbulkan kerumunan dan terkesan pengumpulan masyarakat saat dilaksanakannya pemilihan, yang direncanakan hari Senin 11/01/2021, dikantor Kecamatan Senen, jalan Kramat Raya Jakarta Pusat.

judul gambar

Penolakan acara tersebut disampaikan Irwandi, menyikapi saat ini sangat fokus terhadap penanganan, penanggulangan penyebaran Pandemi Corona Virus Desease Ninetine (Covid-19) yang masih meningkat, bukan fokus terhadap    pelaksanaan kegiatan yang belum bermanfaat terhadap warga masyarakat

Terlebih lagi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, telah memperpanjang PSBB Ketat yang akan dilaksanakan hari Senin 11/01/2021, sehingga kerumunan massa atau warga tidak diperbolehkan sebab akan masuk kategori pelanggaran PSBB Ketat, yang bisa berakibat pada Pemidaan atau pencopotan jabatan.

Menurut Irwandi, Covid 19 di Jakarta Pusat sedang melonjak sehingga acara pemilihan tersebut tidak memungkinkan dan perlu dibatalkan untuk menghindari kerumunan atau claster Corona yang baru. Acara pemilihan korlap itu kewenangan Sudin dan Dinas PPKUKM. Pihak Kecamatan Senen hanyalah memfasilitasi tempat bukan panitia pelaksana. Sehingga dalam hal ini acara itu lebih baik ditinjau kembali menunggu situasi yang kondusif dari Pandemi Covid-19.

” Ini PR Dinas dan Suku Dinas (Sudin) Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) Jakarta Pusat untuk menyelesaikannya, kalau buntu baru diselesaikan wilayah. Maksudnya diselesaikan Pemerintah Kota Jakarta Pusat jika Sudin PPKUKM tidak mampu menyelesaikan permasalahan di Pasar loak Poncol yang berada di Kelurahan Bungur Kecamatan Senen Jakarta Pusat tersebut”, kata Plh melalui telepon genggamnya 9/01/2021.

Sementara tokoh masyarakat, Mudjiono mengatakan, Pemerintah Kota Jakarta Pusat khususnya Sudin PPKUKM janganlah memaksakan kehendak melaksanakan pemilihan Korlap Pasar Poncol, yang akhirnya menambah permasalahan baru. “Kita semua harus saling menjaga penyebaran Covid-19 yang kini masih meningkat. PSBB ketat akan dilaksanakan sebagaimana disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

“Sedangkan pemilihan RT/RW dan LMK saja ditunda karena menghindari kerumunan masyarakat. Sementara pemilihan koordinator pedagang Pasar Loak Poncol akan digelar dan terkesan dipaksakan Sudin terkait, itu tidak boleh terjadi demi keselamatan dan kesehatan bersama”, ujarnya.

Ditambahkan, berkaitan dengan kepengurusan pasar Poncol, itu kan tidak mendesak dan belum diperlukan penggantian sebab mereka aman aman saja tanpa keributan. Biarlah pengurus lama Ibu Liliana yang melanjutkan kepengurusan nya sebagai Korlap Pasar Poncol selagi belum ada permasalahan, jangan ada yang mempolitisasi kegiatan para pedagang di sana”, ucapnya.

Penulis  : P. Sianturi

judul gambar
  • Share
judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *