banner 728x250

Giat Satpel LH Penjaringan Tentang Pengelolaan Sampah Dengan Magot Dan Lahan Parkir Kendaraan Yang Masih Kurang Memadai dan Signifikan

  • Share

JAKARTA, MEDIA TRANSPARANCY – Sauan Pelaksana (Satpel) Lingkungan Hidup Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara mengadakan giat kerja bakti ditaman putra putri jalan pluit putra penjaringan,seperti yang tertuang dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Provinsi DKI Jakarta Nomor 77 Tahun 2020 tentang Pengelolaan Sampah.

Dalam giat pagi tadi hadir dari Kasie Ekbang Kecamatan Penjaringan, PPSU, PJLP Kehutanan, Kasatpel LH Slamet dan team nya serta dari PJLP UPK Badan Air. Giat kerja bakti ini diadakan rutin satu Minggu Dua kali.

judul gambar

Kasatpel Sudin Lingkungan Hidup Kecamatan Penjaringan, Slamet mengatakan, Giat Kerja Bakti ini sesuai dengan Pergub yang berisi pengelolaan sampah akan dilakukan di tingkat RW yang struktur pengelolaannya berbasis masyarakat.

Dalam Pergub No.77 Tahun 2020 pasal 6 angka 1 menyebutkan bahwa pengurus bidang pengelolaan sampah lingkup RW terdiri dari ketua bidang, seksi operasional, seksi sosialisasi dan pengawasan.

LH (Lingkungan Hidup) Kecamatan Penjaringan sendiri sudah membudidayakan Magot untuk pengolahan sampah, berada di Dipo Moa dan Dipo Kali Gendong namun menurut Slamet masih kurang signifikan dalam pengurangan jumlah sampah, hal ini Slamet juga mengutarakan bahwa Penjaringan sendiri masih kekurangan lahan untuk tempat pembuangan sampah serta lahan untuk parkir kendaraan pengangkut sampahnya.

Slamet pun berharap jika Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Utara dapat menanggapi mengenai lahan pembuangan sampah dan lahan parkir kendaraan pengangkut sampah agar lebih memadai lagi untuk pengolahan sampah yg lebih baik lagi serta efisien dan efektif.

“Pengurangan sampah meliputi pembatasan timbulan sampah, daur ulang serta pemanfaatannya, sedangkan kegiatan penanganan sampah meliputi pengawasan pemilahan sampah, pengolahan sampah serta pengumpulan residu sampah.” jelasnya.

Reporter: Putri

judul gambar
  • Share
judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *