Home DAERAH GUBERNUR HARAP KONGRES PMII HASILKAN PEMIKIRAN UNTUK ATASI PERMASALAHAN INDONESIA

GUBERNUR HARAP KONGRES PMII HASILKAN PEMIKIRAN UNTUK ATASI PERMASALAHAN INDONESIA

245
0
pembukaan halaqah dan kongres ke 18 PMII

Kota Jambi, Transparancy.com – Gubernur Jambi, H.Hasan Basri Agus (HBA) berharap agar Kongres Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) menghasilkan pemikiran untuk mengatasi permasalahan negara Indonesia. Harapan tersebut dikemukakan oleh gubernur dalam Pembukaan Halaqah Akbar dan Kongres XVIII PMII, bertempat di Gelanggang Olah Raga (GOR), Kotabaru, Kota Jambi, Jumat sore (30/5).

Gubernur mengajak PMII untuk peka dan jeli melihat kenyataan bahwa setelah Reformasi, masih sangat banyak persoalan-persoalan bangsa yang perlu dibenahi, mengevaluasi keadaan, serta turut menyusun agenda kebangsaan yang lebih kuat ke masa depan, sesuai amanah para pendahulu dan pejuang bangsa, yang telah menyumbangkan fondasi kebangsaan.

“Melalui kongres ini, saya berharap, saudara-saudara dapat berdiskusi lebih dalam dan berdialog, terhadap berbagai permasalahan yang dihadapi organisasi dan bangsa, serta upaya-upaya untuk mengatasi berbagai permasalahan tersebut, dan menggali serta meningkatkan peran dan fungsi PMII dalam pembangunan bangsa,” harap gubernur.Selanjutnya, gubernur juga mengharapkan agar melalui Kongres PMII tersebut, kader PMII dapat mengantisipasi pengaruh negatif budaya global yang merusak tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Usai pembukaan kongres, kepada para wartawan yang mewawancarainya, gubernur mengemukakan bahwa dirinya sangat mengapresiasi Kongres Nasional PMII yang baru pertama kali diselenggarakan di Jambi.Gubernur menjelaskan, ada dua harapan untuk kepentingan Provinsi Jambi dengan penyelenggaraan Kongres Nasional PMII ini, yaitu, pertama, kongres ini diharapkan dapat meningkatkan promosi daerah dan peningkatan perekomomian Jambi. “Agar adik-adik kita, kader-kader PMII dari provinsi lain semakin mengenal Jambi,” ujar gubernur.

Kedua, untuk pembinaan kepemudaan di Provinsi Jambi secara umum dan kader PMII secara khusus.
Pengurus Besar Nahdatul Ulama, Mun’im DZ dalam sambutannya pada intinya menekankan agar PMII menjadi bagian penting dalam melakukan perbaikan politik dan ekonomi nasional. Perwakilan Majelis Pembina Nasional PMII, Dr.Ali Masykur Musa, dalam sambutannya menyatakan bahwa organisasi PMI harus tetap pada rel intelektual dan jangan sampai PMII kehilangan rohnya, serta untuk itu intelektualitas harus dijunjung tinggi.¬† “Kehebatan PMII dari dulu adalah intelektualitasnya,” ujar Ali Masykur Musa.¬† Musa menekankan agar PMII dijadikan sebagai organisasi kader dan harus ada kaderisasi dalam PMII.

Selanjutny, Ali Masykur Musa menyampaikan 3 pesan, yaitu:

  1. Agar kader PMII menjadikan PMII sebagai organisasi yang memiliki kepemimpinan yang baik
  2. “Sekarang zamannya profesional, jadi profesinya harus jelas,” ungkap Ali Masykur Musa.
  3. Integritas “Jadikalah anda menjadi PMI yang KPI, Kepemimpinanya baik dan teruji, Profesionalismenya jelas, dan Integritasnya kuat,”.

Ketua Pengurus Besar PMII Indonesia, Adi Jaruddin, dalam sambutannya menyatakan, PMII turut mengawal keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Adi Jaruddin menghimbau seluruh anggota PMII untuk terus belajar demi kejayaan Indonesia. Selanjutnya, Adi Jaruddin mengharapkan supaya kongres yang diselenggarakan selama seminggu ini bisa menghasilkan ide-ide cerdas bagi kemajuan Indonesia. Ketua Pengurus Koordinator Cabang (PKC) Jambi, Afriyoga mengatakan kongres ini akan diikuti oleh 233 pengurus cabang se Indonedia.

Afriyoga mengemukakan bahwa PMII harus memiliki targetan-targetan yang jelas. Ketua Panitia Nasional, Aidil Azhari, dalam laporannya menyampaikan, tema kongres ini adalah “Harmoni Bernegara untuk Kejayaan Indonesia.” Aidil Azhari menyatakan, tema tersebut dipilih demi menjunjung tinggi harmoni dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Aidil Azhari mengungkapkan, alasan pemilihan Jambi sebagi tuan rumah adalah karena Jambi pernah menjadi pusat Melayu se Nusantara.

Dikatakan oleh Aidil Azhari, peserta yang sudah teregister dalam kongres ini 125 cabang, sisanya masih dalam perjalanan menuju kongres. Pertunjukan spektakuler se Sumatera yang dipandu oleh Sunaryo dan Vita Riskiana  Tari Gending Sriwijaya IAIN Raden Fatah Palembang, Tarian Ngayun Luci dari Kabupaten Kerinci Turut hadir dalam acara tersebut, Ali Masykur Musa, senior PMII yang juga anggota BPK RI; Walikota Jambi, H.Syarif Fasha; serta para undangan lainnya. (lia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here