Home DAERAH GUBERNUR HARAP PENGAWAS PENDIDIKAN BERPERAN MAKSIMAL TINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN

GUBERNUR HARAP PENGAWAS PENDIDIKAN BERPERAN MAKSIMAL TINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN

261
0

Kota Jambi, Transparancy.com
Gubernur Jambi, H.Hasan Basri Agus (HBA) berharap agar pengawas pendidikan berperan maksimal dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Provinsi Jambi. Harapan itu dikemukakan oleh gubernur dalam Pelantikan Pengurus Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia (APSI) Provinsi Jambi, bertempat di Aula Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Jambi, Telanaipura, Kota Jambi, Kamis siang (20/2).

Pada kesempatan tersebut, Ketua Umum APSI, Daliman Sofian melantik Aldi Mawardi sebagai Ketua APSI Provinsi Jambi beserta jajarannya.

Gubernur mengatakan, supaya bisa berperan meningkatkan kualitas pendidikan di Provinsi Jambi, maka para pengawas pendidikan harus meningkkatkan kinerjanya.

“Untuk itu, pengurus APSI dapat lebih diberdayakan seoptimal mungkin sebagai mitra kerja pemerintah dalam mewujudkan program dan kegiatan peningkatan mutu pendidikan sekolah,” ujar gubernur.

Gubernur menjelaskan, dalam meningkatkan mutu pendidikan, pemerintah telah menetapkan delapan standar nasional pendidikan, sebagaimana yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005, yaitu: Standar lulusan, standar isi, standar proses, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar pengelolaan, standar pembiayaan, standar sarana pendidikan, dan standar penilaian.

Gubernur mengemukakan bahwa salah satu tugas pokok dan fungsi serta peran pengawas sekolah adalah memantau, menilai, dan membina kiinerja sekolah dalam mewujudkan delapan standar nasional pendidikan tersebut.

Selanjutnya, gubernur mengajak para pengawas pendidikan untuk mengawal pembangunan pendidikan di Provinsi Jambi.

Berkaitan dengan diselenggarakannya seminar tentang implementasi kurikulum 2013 dalam rangkaian kegiatan pelantikan pengurus APSI Provinsi. Jambi ini , gubernur mengharapkan supaya kurikulum 2013 dapat dilaksanakaan tepat waktu dan sebaik mungkin di Provinsi Jambi.

Kepada para wartawan yang mewawancarainya, gubernur menyatakan, asosiasi ini sangat penting dalam rangka peningkatan mutu guru dan berharap kewibawaan para pengawas sekolah betul-betul ditingkatkan.

“Dulu, zaman sekitar tahun 1960 sampai 1970-an, kepala sekolah dan guru-guru sekolah itu sangat segan sekali dengan pengawas, walaupun pada saat itu, pengawas sekolah itu kadang-kadang pake sepeda, tapi begitu pengawas sekolah datang, dia sangat disegani, seperti dengan membersihkan sekolah. Padahal, pada saat itu fasilitas masih minim sekali. Sekarang, ada indikasi, pengawas itu diatur oleh kepala sekolah. Dan, itu tantangan bagi asosiasi pengawas dalam rangka meningkatkan wibawa pengawas itu sendiri. Jadi, melalui asosiasi, kita harapkan wibawa pengawas ini kedepan akan semakin ditingkatkan,” tutur gubernur.

Ketua Umum APSI, Daliman Sofian, dalam sambutannya memberikan motivasi kepada para pengurus APSI yang baru dillantik agar bekerja lebiih baik lagi.

Ketua APSI Provinsi Jambi yang baru dilantik, Aldi Mawardi, M.Pd, pada intinya mengajak seluruh pengurus APSI Provinsi Jambi dan APSI Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi untuk mensukseskan program APSI.

Ketua Panitia Pelaksana, Agus Rizal, M.Pd, dalam laporannya menyampaikan, dalam pelantikan APSI Provinsi Jambi ini juga disengarakan seminar pendidikan tentang kurukulum 2013, dengan tujuan untuk memberikan dan meningkatkan pemahaman tentang kurikulum 2013. (Lia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here