Home DAERAH Gubernur Harapkan Mahasiswa Jambi Membangun Jambi Dari Jakarta

Gubernur Harapkan Mahasiswa Jambi Membangun Jambi Dari Jakarta

181
0

Jambi, Mediatransparancy.com – Gubernur Jambi Drs.H.Hasan Basri Agus, MM megharapkan para mahasiswa asal Jambi yang berada di Jakarta turut membangun Jambi dari Jakarta. Harapan Gubernur ini disampaikan saat Pelantikan pengurus Mahasiswa Jambi di Jakarta (FKMJ) periode 2015-2016. Terpilih sebagai Ketua Reza Imam Morganda, Jumat, 20/2 bertempat di ruang Mayang Mangurai, Bapedda Provinsi Jambi. Hadir pada kesempatan itu pejabat terkait lingkup pemerintah Provinsi Jambi, tokoh pemuda dan para mahasiswa. Pada kesempatan ini Gubernur juga memberikan bantuan kepada para mahasiswa sebesar Rp.10 juta.

Organisasi mahasiswa ini didirikan pada 1 Juli 2012 merupakan organisasi primodial kedaerahan yang diharapkan mampu ikut menyumbang bagi pembangunan di Provinsi Jambi dengan ide dan pengkaderan sehingga mampu membentuk mahasiswa yang berpikir secara visioner dan berguna bagi orang banyak.

Disampaikan Gubernur bahwa para mahasiswa ini harus mempersiapkan diri untuk bisa membawa nama baik Jambi di tingkat nasional. Gubernur juga menjelaskan bahwa para mahasiswa asal Jambi di Jakarta harus mampu menjalin relasi agar dapat menjadi perwakilan Jambi di tingkat nasional.” Pernyataan dari Mahasiswa ini untuk turut membangun Jambi merupakan hal luar biasa karena para mahasiswa ini adalah tokoh-tokoh Jambi ke depan yang akan menjadi pemimpin. Tetapi bila perlu anak-anak ini sudah habis kuliah tidak usah pulang ke Jambi, berkarya dan beprestasilah di Jakarta, bila perlu menjadi menteri dan membangun serta berbicara untuk Jambi dari Jakarta”ungkap Gubernur.

Dilanjutkan Gubernur bahwa para mahasiswa ini harus bekerja keras meningkatkan Sumber Daya Manusia dan harus memiliki daya juang yang tinggi. ”Tantangan bagi anak-anak sekalian saat ini lebih berat dan kalian harus menghadapi bagaimana ke depannya, dan perjuangan itu harus nekat, kalian harus sampai berhasil di Jakarta, kalian harus lebih hebat dari kami, kalian adalah potensi yang dimiliki oleh Provinsi Jambi ke depan, pemerintah sendiri terus melakukan upaya untuk peningkatan Sumber Daya Manusia di Provinsi Jambi salah satu upaya tersebut adalah dengan memberikan program beasiswa baik untuk jenjang S1,S2,sampai S3”katanya.
Gubernur juga memberikan motivasi bagi para mahasiswa dengan menceritakan pengalaman hidupnya yang diwarnai dengan perjuangan dan kerja keras untuk memperoleh keberhasilan. “Bapak adalah orang desa, dari desa Sungai Abang, untuk sekolah SD saya harus ke desa sebelah dengan berjalan kaki sejauh 2km, dan untuk kelas 5 dan 6 saya harus menempuh jarak 4,5km. Pendidikan saya lanjutkan di Madrasah Aliyah, untuk bersekolah saya harus mencari ikan di sungai Batanghari dan setiap pagi saya berjualan ikan, kemudian bisa masuk Pegawai Negeri dengan ijasah SD golongan I kemudian baru masuk SMA dan IPDN kemudian mengambil S1 di Universitas Sumatera Utara”ungkapnya.

Dijelaskan Gubernur bahwa kisah hidupnya ini ingin menyadarkan dan bahwa dirinya yang berasal dari masyarakat golongan ekonomi bawah mampu berprestasi sehingga dapat menjadi Gubernur, dan kepada para mahasiswa yang memiliki latar belakang ekonomi yang lebih baik dan dengan hal-hal yang mendukung dapat lebih berprestasi dari dirinya.
Gubernur juga mengajak mahasiswa untuk memberikan masukan dan kritikan terhadap kinerja yang dilakukan pemerintah. “Pemerintah tidak alergi dengan kritikan, untuk itu saya setiap tanggal 3 Agustus selalu memanggil seluruh komponen masyarakat untuk memaparkan capaian kinerja kami dan menerima setiap kritikan yang akan dijadikan pedoman perbaikan kami ke depannya”ucapnya.

Sementara itu sebelumnya Ketua FKMJ terpilih Reza Imam Morganda dalam sambutannya menyatakan bahwa organisasi yang belum lama berdiri ini telah mengkader 300 mahasiswa di Jakarta, dengan memotivasi mahasiswa agar tidak lagi hanya merantau dan kuliah tetapi mengingatkan peran bagi masyarakat dimana ketika pulan ke daerah mampu untuk meningkatkan rasa sosial tanpa melupakan intelektualitas. “Melalui organisasi ini diharapkan organisasi mahasiswa tidak lagi mejadi momok bagi pemerintah, tetapi dapat menjadi mitra pemerintah untuk membangun dengan memberikan masukan, ide , gagasa, dan kritikan agar Jambi lebih baik ke depannya”ungkap Reza Imam Margonda. (lia/hms)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here