Home DAERAH Gubernur HBA : Cegah Kebakaran Sedini Mungkin

Gubernur HBA : Cegah Kebakaran Sedini Mungkin

220
0

Jambi-Mediatransparancy.com – Gubernur Jambi H. Hasan Basri Agus (HBA) Mengharapkan pemerintah daerah untuk memperhatikan dengan sungguh-sungguh melakukan pencegahan, pengendalian dan pemadaman dini terhadap kebakaran pemukiman, hutan dan lahan gambut, terutama melakukan tindakan pelarangan pembakaran hutan dan lahan. Harapan demikian disampaikannya saat Apel Gabungan Dalam Rangka Hari Ulang Tahun Pemadam Kebakaran Ke 96 Tahun 2015 serta apel Peningkatan Disiplin Pegawai Negeri Sipil, Bertempat dilapangan depan Kantor Gubernur Jambi, Selasa (17/03/2015).

Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Gubernur Jambi menyampaikan, peran institusi Pemadam Kebakaran dalam penyelenggaraan pembangunan di daerah sangat strategis mengingat tugas dan fungsi pemadam kebakaran dikenal dengan sebutan Panca Dharma yang berarti Pertama, Pencegahan dan pengendalian. Kedua, Pemadaman Kebakaran. Ketiga, Penyelamatan Jiwa dan harta benda, Keempat, Pemberdayaan komunitas sukarelawan pemadam kebakaran. Kelima, Penanganan kebakaran bahan berbahaya dan racun. ” Melihat tugas dan fungsi serta beban kerja tanggung jawab pemadam kebakaran sangatlah patut dihargai yang setiap hari siaga dalam 24 jam siap siaga kebakaran tanpa mengenal hari libur, pantang menyerah dan pantang pulang sebelum api padam walaupun nyawa taruhannya demi penyelamatan korban kebakaran serta bencana seperti banjir, tertimpa longsor, tsunami, gunung meletus, gempa, terjebak dalam terowongan, sumur maupun bencana lainnya, ” ucap Menteri dalam sambutan tertulisnya.  cegah-kebakaran

Selain itu dikatakan juga, kerusakan hutan dan lahan akibat kebakaran turut menjadi faktor pemicu perubahan iklim yang salah satu dampaknya adalah naiknya suhu permukaan bumi yang berakibat pada terjadinya kekeringan dibeberapa wilayah di indonesia dan memicu semakin tingginya angka kebakaran lahan.

Pada saat diwawancarai oleh rekan wartawan Gubernur HBA menyampaikan bahwa letak dan tempat pemadam kebakaran Kota Jambi merupakan yang strategis ditengah kota atau ditempat ramai penduduk, kapan terjadi suatu kebakaran dengan gerak cepat anggota pemadam kebakaran sudah sampai ditempat. “Selain itu saya harap para Kepala SKPD yang ditunjuk dibidangnya selalu mengontrol perlengkapan, kesiapan anggotanya serta terus mengontrol air yang berada pada tangki mobil pemadam kebakaran tersebut, agar tidak terjadi sewaktu dibutuhkan air kosong atau peralatan tidak ada, ” jelas Gubernur.

Selain itu Gubernur HBA juga memuji ketangkasan anggota pemadam kebakaran Kota Jambi yang dengan gerak cepatnya dan aktif.  “Partisipasi pemadam kebakaran Kota Jambi cukup aktif yang ditujukan kepada masyarakat, serta untuk mendatang agar ditingkatkan kompetensi serta kemampuan anggotanya tentang teknik-teknik cara memadamkan api,” turur HBA.

Turut serta pada kesempatan ini, Forkompimda Provinsi Jambi, Sekretaris Daerah Provinsi Jambi H. Ridham Priskap, Para kepala Dinas, Kepala Badan serta kepala biro dilingkup Provinsi Jambi serta para undangan lainnya (lia/hms).

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here