Home DAERAH GUBERNUR HBA HADIRI PEMBUKAAN MTQ NASIONAL XXV TAHUN 2014 DI BATAM

GUBERNUR HBA HADIRI PEMBUKAAN MTQ NASIONAL XXV TAHUN 2014 DI BATAM

287
0
Gubernur Jambi Drs. H. Hasan Basri Agus,MM (HBA) berserta Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jambi Hj. Yusniana Hasan Basri menghadiri pembukaan MTQ XXV Tingkat Nasional 2014

Batam, Transparancy.com – Gubernur Jambi Drs. H. Hasan Basri Agus,MM (HBA) berserta Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jambi Hj. Yusniana Hasan Basri menghadiri
pembukaan MTQ XXV Tingkat Nasional 2014. Acara tersebut dibuka secara langsung oleh Presiden Republik Indonesia Dr.H. Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang datang bersama Ibu Negara Hj.Ani Bambang Yudhoyono bertempat di Arena Utama MTQ Nasional, Dataran Engku Putri Batam Center Provinsi Kepulauan Riau, Jum’at (6/6-14).

“MTQ yang secara rutin dilaksanakan in merupakan sebagai syiar agama Islam, selain itu juga untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan apa yang tersirat dan tersurat didalam Al-Qur’an,” Demikian dikatakan Presiden RI saat membuka secara resmi MTQ tingkat Nasional XXV tersebut.

Dikatakan Presiden, tahun ini MTQ dilaksanakan dikota Batam yang merupakan kota yang indah dan mempesona, kota industri dan jasa yang menjadi salah satu pusat pertumbuhan
serta menjadi pintu gerbang kegiatan ekonomi dikawasan barat Indonesia.”Penyelenggaraan MTQ dikota batam ini memberi pesan kepada kita semua bahwa gerak perkembangan industri perdagangan dan jasa dikawasan Pemerintah Batam tidak boleh mengesampingkan peran agama yang sangat penting dalam kehidupan kita. Dikota manapun dan dalam kegiatan apapun, agama memegang peranan penting selain untuk memperkuat keimanan dan takwaan kita kepada Tuhan
Yang Maha Esa,” kata Presiden SBY.

Dijelaskan Presiden, kemajuan ekonomi, perdagangan, jasa serta ilmu pengetahuan dan teknologi tidak boleh menjauhi masyarakat dari agama. Sejarah mencatat jauhnya masyarakat dari ajaran agama seringkali menjadi penyebab runtuhnya moral dan akhlak bangsa.
“Selama hampir sepuluh tahun ini saya terus mengikuti dan menyelenggarakan MTQ ini. Saya berharap MTQ ini terus dilaksanakan dan terus ditingkatkan kearah yang lebih baik lagi,” tutur Presiden.

Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menkokesra) RI HR. Agung Laksono mengatakan, tujuan dilaksanakannya MTQ ini adalah untuk membangun nilai-nilai keislaman dalam rangka menciptakan masyarakat yang agamis dan berkualitas.

Sementara itu, Gubernur Jambi H.Hasan Basri Agus (HBA) pada kesempatan ini juga berharap kepada kafilah dari Provinsi Jambi untuk bisa berhasil menjadi juara dalam pelaksanaan MTQ yang akan dipertandingkan. ”Mudah-mudahan kafilah kita bisa menjadi juara atau sekurang-kurangnya bisa lebih meningkat dari tahun-tahun yang lalu. Kafilah kita banyak yang ikut disetiap cabang perlombaan,” Jelas Gubernur Jambi HBA.

Adapun jumlah Kafilah dari Provinsi Jambi yang ikut dalam MTQ di Provinsi Kepulauan Riau ini berjumlah sebanyak 107 peserta dengan berbagai macam perlombaan yang diikuti.

Sementara itu juga, Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Drs.H.Muhammad Sani mengatakan, dengan dilaksanakan MTQ ini diharapkan dapat menjadi wahana untuk meningkatkanpersaudaraan, persatuan dan kesatuan bangsa. Ditambahkan Gubernur Kepri, berbeda dengan penyelenggaraan MTQ sebelumnya, tahun ini penyelenggaraan MTQ Nasional digelar bersamaan dengan Pameran Produk Kreatif Indonesia (PPKI). “Kemeriahan MTQ ini jelas bakal jauh dari penyelenggaraan sebelumnya. Berbagai karya kreatif akan ditampilkan dalam pameran ini yang juga berasal
dari berbagai daerah yang berada di Indonesia ini. MTQ Nasional ini akan berlangsung hingga 10 juni 2014 mendatang. Ribuan tamu yang sudah datang di Batam diharapkan bisa mengikuti acara ini dengan baik dan menikmati wisata yang tersaji dikota ini,” tutur Gubernur Kepri.

Pembukaan MTQ Nasional XXV ini dimeriahkan dengan tarian massal khas Melayu yaitu tari Bahtera Zuriat Mustika. Tari Bahtera Zuriat Mustika mengandung makna tersendiri yang secara gamlang diartikan sebagai perahu keturunan raja yang membawa batu permata pertama. Artinya tarian ini menyiratkan tahap demi tahap perkembangan agama Islam mulai dari zaman jahiliah, turunnya Al-Qur’an, Kejayaan Islam, penyebaran agama Islam keseluruh dunia termasuk Indonesia sampai masuknya ajaran Islam ke Pulau Jawa dan Kepri Khususnya.

Turut hadir pada kesempatan itu para Menteri Kabinet Indonesia Bersatu II, Para Duta Besar Negara Sahabat, para Gubernur se-Indonesia, para Ketua DPRD se-Indonesia, para Dewan Hakim MTQ Nasional XXV, para Ketua LPTQ se Indonesia, para kafilah dari berbagai daerah di Indonesia serta para undangan lainnya.(hms/lia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here