Home BERITA TERBARU Gubernur HBA Inginkan Kesamaan Sikap Mengentaskan Kemiskinan

Gubernur HBA Inginkan Kesamaan Sikap Mengentaskan Kemiskinan

216
0
JAKARTA, MEDIATRANSPARANCY.COM – Gubernur Jambi H. Hasan Basri Agus (HBA) menginginkan adanya kesepakatan atau kesamaan dari Dinas Tenaga Sosial, BPS, termasuk BKKBN dalam pendataan masyarakat miskin di Provinsi Jambi, Kamis (7/6).
“Persepsi yang sama dalam menilai kriteria masyarakat miskin sangat berguna dalam membuat perencanaan,” kata HBA.
HBA mencontohkan penilaian yang berbeda terkait dengan klasifikasi masyarakat miskin memberi pengaruh terhadap sasaran program pemerintah Provinsi Jambi terutama program pro rakyat Samisake menyentuh langsung masyarakat miskin.
“Indikator yang berbeda dalam memandang masyarakat miskin akan menyulitkan kita dan acara ini kita harapkan mendapat satu kesamaan pandangan mengenai masyarakat miskin,” harap HBA.
Banyak program bagi masyarakat yang selama ini telah digulirkan Pemerintah Provinsi Jambi yang diakui HBA  masih ada yang tidak terdata akibat berbedanya kriteria dalam menentukan masyarakat miskin.
HBA secara langsung membuka acara Sosialisasi Pemutakhiran Basis Data Terpadu (PBDT) 2015 Provinsi Jambi yang berlangsung di Hotel Aston.
“Kegiatan dapat berjalan lancar dan menghasilka data kemiskinan yang benar benar valid, akurat dan up to date, agar polemik dan komplain data kemiskinan dapat diminimalisir,” ungkap HBA.
HBA menjelaskan target program bagi masyarak
at miskin yang meliputi Bedah Rumah, Pemberian Sertifikat Gratis, Jamkesmas Provinsi, Beasiswa jenjang SD, SMP, SMA, dan S1, Bantuan Alsintan, UMKM, Bantuan Kendaraan Kebersihan, yang alokasi dana ditransfer ke kecamatan melalui Kabupaten.
Target 25.376 Rumah Tangga Sangat Miskin saat ini telah melebihi target khususnya untuk Bedah Rumah sampai tahun 2014 telah melebihi target pencapaian sebesar 27.103 yang telah diperbaiki untuk memenuhi salah satu kebutuhan dasar masyarakat.
Acara tersebut dihadiri Kepala Bappeda Provinsi Jambi A. Fauzi Ansori, Kepala Dinas PU Provinsi Jambi Benhard Panjaitan, serta instansi terkait lainnya.(lia/hms)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here