Home DAERAH Gubernur HBA Penuhi Kebutuhan Petani Ikan Kota Karang‏

Gubernur HBA Penuhi Kebutuhan Petani Ikan Kota Karang‏

214
0

Kumpe Ulu-Muaro Jambi, Mediatransparancy.com – Gubernur Jambi, Hasan Basri Agus (HBA) memenuhi undangan petani ikan budidaya di desa Kota Karang, Kecamatan Kumpeh Ulu, kabupaten Muara Jambi, Selasa (24/2).
Petani di desa tersebut mengungkapkan keluhan mengenai kondisi jalan dan juga kondisi pakan ikan yang tinggi. Dihadapan petani, HBA mengatakan keluhan petani tersebut berangsur-angsur sudah dipenuhi, bahkan HBA menyampaikan jalan ke areal kolam budidaya sedang dilakukan pengerasan jalan. “Berangsur-angsur sudah kita penuhi, khusus jalan bapak-bapak lihat, Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jambi sudah mulai bekerja melakukan pengerasan jalan. Dan patut bapak-bapak syukuri, jalan-jalan ini dibangun melalui swadaya, bukan melalui APBD Provinsi,” ujar HBA.

perbincangan-gub-petani-ikan
Tidak hanya masalah jalan, HBA juga menerangkan, untuk mesin penyedot lumpur yang tahun 2014 lalu di janjikannya, tahun 2015 ini sudah di anggarkan melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi. “Tahun ini Insya Allah sudah bisa dibeli, dan mudah-mudahan bisa juga beroperasi tahun ini,” ungkap HBA.
Terkait dengan mahalnya harga pakan ikan saat ini, HBA menerangkan, saat ini sudah selesai dibangun pabrik pakan ikan di Desa Tangkit yang masih menunggu peresmian supaya bisa berjalan dengan optimal. “Kalau pabrik pakan ikan itu sudah berjalan normal, saya yakin masalah pakan ikan ini akan segera teratasi. Apalagi, belum lama ini Kementerian Kelautan dan Perikanan juga mewacanakan akan membangun pabrik pakan ikan di Jambi, yang muaranya nanti, tentu tidak hanya bagi petani ikan Jambi, bisa juga keluar Provinsi Jambi,” terang HBA.
Dalam kesempatan tersebut HBA juga menuturkan keprihatinannya dengan kondisi pemasaran perikanan yang tidak menguntungkan petani.
“Saya mendapat laporan, petani kita sulit memasarkan ikan-ikan nya, namun mau bagaimana lagi, nanti coba kita gulirkan lagi untuk menghidupkan kembali Unit Pengelolaan Ikan (UPI) yang telah lama tidak beroperasi, nanti coba kita gulirkan ke swasta untuk mengembangkannya,” tutup HBA.( lia/hms)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here