Home DAERAH GUBERNUR HIMBAU PEMILIH MUDA MEMILIH SECARA CERDAS

GUBERNUR HIMBAU PEMILIH MUDA MEMILIH SECARA CERDAS

257
0

Kab. Sarolangun-Transparancy.com Gubernur Jambi, H.Hasan Basri Agus (HBA) menghimbau para pemilih muda khususnya para pemilih pemula untuk menggunakan hak suaranya secara cerdas. Gubernur menghimbau para pemilih muda ikut serta memilih, namun bukan hanya ikut memilih, tetapi juga memberikan pilihan kepada calon pemimpin yang memiliki kualitas yang bagus, dengan kata lain memilih secara cerdas. Himbauan tersebut dikemukakan oleh gubernur dalam acara Center for Election and Political Party (CEPP) Rock The Vote Indonesia Kabupaten Sarolangun, bertempat di Ancol Kelurahan Pasar, Kecamatan Sarolangun, Kabupaten Sarolangun, Sabtu siang (29/3).

Gubernur mengatakan, pemilih muda khususnya pemilih pemula harus didorong untuk berpartisipasi dalam Pemilu, yaitu untuk ikut serta mililih. Gubernur mengemukakan, pemilih pemula merupakan pemilih yang memiliki peran strategis untuk perubahan kearah yang lebih baik, melalui keikutsertaannya dalam Pemilu mendatang. “Hal ini dikarenakan pada Pemilu keempat di Era Reformasi ini, jumlah pemilih muda mencapai angka 53 juta jiwa, atau dengan kata lain 28% dari total pemilih pada Pemilu 2014 yang akan datang adalah pemuda,” tutur gubernur.

Gubernur menjelaskan, mengacu pada data yang dikeluarkan oleh CEPP Universitas Indonesia, pemilih pemuda yang berumur 17-29 tahun pada Pemilu 2014 mengalami peningkatan dua kali lipat dari jumlah Pemilu muda pada Pemilu Tahun 2009 yang lalu. “Oleh karenanya, tidak ada pilihan lain kecuali kita harus terlibat aktif untuk mendorong seluruh elemen masyarakat, untuk berperan aktif dalam usaha menciptakan Pemilu cerdas 2014, dengan keterlibatan aktif para pemilih pemuda tersebut,” ungkap gubernur.

Gubernur mengatakan, acara yang diselenggarakan ini merupakan mekamisme pencerdasan yang sistematis, semakin membuka wawasan bagi para pemilih pemuda tentang pentingnya keterlibatan langsung dalam pesta demokrasi, sehingga angka pemuda yang tidak memilih dapat dikurangi dengan efektif dan efisien.
Gubernur menekankan bahwa pemilih cerdas tidak akan menjatuhkan pilihan hanya karena janji-janji manis. Selain itu, gubernur juga mengingatkan para calon legislatif (caleg), agar tidak stress jika nanti tidak terpilih.

Direktur Eksekutif CEPP Provinsi Jambi, Drs. As’ad Isma menyatakan Rock The Vote Indonesia ini merupakan lisensi Amerika, yang memang ditujukan untuk menggerakkan pemilih muda khususnya pemilih pemula agar tidak golput dalam Pemilu. “Rock artinya menggerakkan, vote artinya suara,” sebut As’ad Isma. As’ad Isma mengatakan, penggagas Rock The Vote Indonesia ini merupakan gabungan dari 4 perguruan tinggi di Jambi, yaitu Universitas Jambi, IAIN STS Jambi, Universitas Batanghari, dan Stisipol Nurdin Hamzah.

As’ad Isma mengungkapkan, Rock The Vote Indonesia menggerakkan para pemilih untuk memilih calon pemimpin bukan berdasarkan uang, beras, dan materi yang diberikan oleh calon pemimpin, tetapi berdasarkan integritas dan kualitas calon yang bersangkutan.Dalam sambutan Bupati Sarolangun, H.Cek Endra, yang disampaikan oleh Sekda Kabupaten Sarolangun, Tabroni Rozali, menghimbau para pemilih muda khususnya pemilih pemula ikut memilih dalam Pemilu Tahun 2014, baik Pemilihan Legislatif maupum Pemilihan Presiden.

Sekda menambahkan bahwa keterlibatan pemilih muda khususnya pemilih pemula dalam Pemilu Tahun 2014, akan turut menentukan kondisi negara Indonesia dalam lima tahun kedepan.Koordinator CEPP Kabupaten Sarolangun, Aprizal, S.PdI, dalam sambutannya menyampaikan, kehadiran CEPP Rock The Vote akan menghasilkan pemilih cerdas, dan pemilih cerdas akan memilih pemimpin berkualitas.Ketua Panitia, Doni Ekaputra, dalam laporannya pada intinya menyatakan bahwa tujuan krgiatan CEPP ini adalah untuk melahirkan pemilih-pemilih cerdas.

Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua Lembaga Adat (LAM) Provinsi Jambi, H.Hasip Kalimudin Syam; para calon legislatif DPR RI dan calon DPD daerah pemilihan Provinsi Jambi; serta para undangan lainnya.Usai acara CEPP tersebut, gubernur bersilaturrahim dengan PMII Kabupaten Sarolangun, di Sekretariat PMII Kabupaten Sarolangun. (lia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here