Home DAERAH GUBERNUR : MTQ DAPAT JADI MEDIA YANG EFEKTIF WUJUDKAN MASYARAKAT BERIMAN, BERTAQWA...

GUBERNUR : MTQ DAPAT JADI MEDIA YANG EFEKTIF WUJUDKAN MASYARAKAT BERIMAN, BERTAQWA DAN BERAKHLAK MULIA

233
0
pembukaan MTQ ke-44

Jambi, Transparancy.com – Gubernur Jambi Drs.H.Hasan Basri Agus,MM (HBA) mengatakan,
Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) bukan semata-mata menjadi ajang untuk berlatih dan bertanding membaca Al-Qur’an saja, tetapi juga untuk memahami substansi dari ayat-ayat suci Al-Qur’an dengan benar dan tepat. Sehingga dengan demikian, penyelenggaraan kegiatan MTQ ini diharapkan dapat menjadi media yang efektif untuk mewujudkan masyarakat yang beriman, bertaqwa dan berakhlak mulia.Demikian dikatakan Gubernur Jambi HBA saat Pembukaan MTQ Tingkat Provinsi Jambi
Ke 44 Tahun 2014, bertempat di Arena Utama MTQ Kota Jambi, Kamis (22/5-14).

Dalam sambutan dan arahannya Gubernur HBA mengatakan, bagi kaum muslim bahwa Al-Qur’an merupakan kitab yang diimani sebagai petunjuk dan penuntun kehidupan untuk memperoleh kebahagiaan didunia maupun di akhirat. Al-Qur’an tidak hanya berisi prinsip-prinsip keimanan, namun
juga sumber nilai-nilai universal, ilmu pengetahuan, hingga hikayat kehidupan yang dikemas dengan bahasa yang indah, penuh dengan filosofi keteladanan serta pesan moral yang luhur dan agung. ”Al-Qur’an memberi tuntunan kepada kita agar membangun kehidupan yang harmonis, saling bertoleransi, hidup dalam kedamaian dan hidup untuk saling mengenal, saling mengasihi, saling memberi maaf dan tidak membenci satu sama lainnya,” tutur HBA.

Disamping itu gubernur juga menjelaskan, melalui penyelenggaraan MTQ  ini diharapkan akan memberikan dampak peningkatan pemahaman dan pendalaman terhadap makna dari ayat-ayat yang terkandung didalam Al-Qur’an. ”Insya allah, kita mampu memperkuat jati diri dan karakter melalui nilai-nilai keagamaan, aturan hukum serta kerukunan antara umat beragama, sejalan dengan nilai-nilai universal ajaran yang terkandung didalam Al-Qur’an,” jelas HBA.

Gubernur Jambi HBA juga menghimbau kepada seluruh umat untuk menunaikan ajaran agama dengan sebaik-baiknya. ”Marilah kita menjadi umat beragama yang patuh dan taat kepada tuntutan Al-Qur’an  dan sunnah, agar kita senantiasa mendapatkan rahmat dan ampunan Allah SWT. Marilah kita menjalankan dan menyiarkan ajaran Islam secara benar sesuai dengan kandungan Al-Qur’an dan sunnah,” himbau Gubernur.

Ditambahkan HBA, Islam itu indah, Islam itu damai, Islam itu teduh, Islam itu cinta keadilan, Islam itu menjahui kekerasan dan Islam itu selalu menganjurkan persatuan serta menjauhi permusuhan. ”Islam amat memuliakan pemeluknya yang mampu berkhidmat mengatasi berbagai masalah-masalah keumatan, baik urusan keagamaan maupun urusan keduniawian. Kemampuan kita dalam berkontribusi membantu urusan-urusan seperti inilah yang akan meningkatkan kualitas kesolehan individual dan kesolehan sosial kita,” pungkas Gubernur.

Sementara itu Walikota Jambi Sy Fasha yang juga ketua pelaksana MTQ ke-44 mengatakan, MTQ kali ini sangat istimewa bagi Pemerintah Daerah Kota Jambi dikarenakan bertepatan dengan hari Hut Kota
Jambi. “Diharapkan antara pemerintah dan masyarakat Kota Jambi bisa berkerjasama dalam pembangunan dimasa yang akan datang lebih baik lagi. Dan juga saya berharap semoga dalam MTQ ini Kota Jambi bisa menjadi yang terbaik dan bisa menjadi juara pertama,” kata Walikota Jambi.

Pembukaan MTQ ke-44 yang berlangsung dengan khidmat dan meriah ini diawali dengan parade defille kafilah dari setiap kabupaten dan kota dalam Provinsi Jambi.  Adapun pembacaan  ayat-ayat Suci Al-Qur’an pada pembukaan MTQ kali ini dlantunkan oleh Qori terbaik Internasional yang sengaja didatangkan dari Mesir yaitu Syehk Anwar Sahat Muhammad Anwar. Disamping itu pada pembacaan Haflah Tilawah Qur’an dibacakan oleh Ketua IPQOH Nasional Prof.DR.KH.Said Agil Husin Al-Munawar,MA beserta rombongan.

Turut hadir pada pembukaan MTQ ke-44 ini Wakil Gubernur Jambi Drs.H.Fachrori Umar.M.Hum, Anggota Forkompimda Provinsi Jambi, Para Bupati Se-Provinsi Jambi, para Staf Ahli Gubernur Jambi, para Asisten Sekda Provinsi Jambi, Para Kepala SKPD Provinsi dan Kota jambi serta para undangan lainnya. (lia) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here