Home DAERAH Gubernur Perhatikan Keselamatan Penerbangan Jambi

Gubernur Perhatikan Keselamatan Penerbangan Jambi

224
0

Jambi, Mediatransparancy.com – “Kita akan mengirimkan surat kepada BMKG Pusat dan Angkasa Pura untuk mendorong segera didirikannya BMKG di Bandara Bungo dan penyediaan Instrument Landing System(ILS) di Bandara Sultan Thaha” tutur Gubernur HBA Saat menerima audiensi jajaran Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jambi di ruang kerja Gubernur di Kantor Gubernur pada Senin (19/1). BMKG Jambi memaparkan tugas dan fungsi dari BMKG dimana output atau hasil dari pengamatan BMKG sangat berguna bagi petani, nelayan, keamanan, penerbangan dan sebagainya.

Pada pertemuan tersebut diungkapkan pihak BMKG bahwa ditiap Bandara diperlukan BMKG untuk memonitor tekanan angin, hujan, dan suhu yang berguna untuk penerbangan. Hal ini langsung ditanggapi positif oleh Gubernur HBA, dimana beliau akan segera mengusulkan didirikannya BMKG untuk Bandara Bungo selain itu Gubernur HBA juga akan mengusulkan agar Bandara Sultan Thaha Jambi segera dipasang Instrumen Landing System (ILS) yang berguna untuk menuntun pilot dalam mendaratkan pesawat dibandara karena ILS.

Karena BAndara Sultan Thaha telah menjadi Embarkasi antara Jamaah Haji selain itu untuk lebih menjamin keselamatan peerbangan dari dan ke Jambi ” ungkap Gubernur. “alat ILS ini dapat membantu penglihatan pilot terhadap lintasan pesawat sehingga jarak pandang pilot dapat lebih pendek” ungkap Kepala Stasiun Meteorologi Klas I Sultan Thaha Jambi Nurangesti Widyastuti.

Gubernur juga meminta Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi Sultan untuk mengakomodiir informasi yang disampaikan BMKG untuk ditayangkan di TV Wall yang tersedia dibeberapa titik di Provinsi Jambi salah satunya didepan Kantor Gubernur untuk menayangkan informasi cuaca yang akan dikoneksikan dengan BMKG Jambi sehingga dapat dipergunakan oleh masyarakat untuk berbagai kepentingan yang berhubungan dengan cuaca terkait curah hujan dan angin.

Selain itu pada pertemuan tersebut BMKG melaporkan kepada Gubernur sampai bulan Februari 2015 ini gelombang laut akan masih tetap tinggi, Gubernur mengingatkan nelayan dan pengguna tranportasi laut untuk waspada dan berhati-hati. BMKG Jambi juga mengingatkan bahwa di pelabuhan ujung jabung yang sedang dibangun saat ini nantinya kan dibutuhkan BMKG MAritim yang fokus pada bidang kelautan, selain itu juga Gubenrur menyetujui agar informasi cuaca dari BMKG dapat ditayangkan pada qwebsite pemerintah Provinsi Jambi dan akan dibuatkan papan pengumuman (billboard yang berisi informasi-informasi dari BMKG di Provinsi Jambi. (lia/hms)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here