Home DAERAH GUBERNUR: SDM HARUS DIPRIORITASKAN

GUBERNUR: SDM HARUS DIPRIORITASKAN

222
0
KOTA JAMBI, MEDIATRANSPARANCY.COM – Gubernur Jambi, H.Hasan Basri Agus (HBA) mengemukakan bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) harus diprioritaskan dalam pembangunan. Hal tersebut dinyatakan oleh gubernur kepada para wartawan yang mewawancarainya usai Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2015, bertempat di lapangan depan Kantor Gubernur Jambi, Sabtu (2/5) pagi.
Gubernur menjelaskan, “Ada beberapa hal penekanan Menteri Pendidikan dari pidato yang saya bacakan, pertama, masalah pendidikan bukan hanya masalah pemerintah saja, tetapi masalah bagi semua komponen masyarakat dan bagi kita semua. Pemerintah harus terlibat, swasta harus terlibat, termasuk orangtua murid juga harus terlibat. Itu yang paling penting harus disadari,” ujar gubernur.
 TR_0192
“Kedua, kita masih ingat pada zaman perjuangan dulu, banyak tokoh-tokoh kita, yang sebenarnya mereka itu generasi yang baru menyelesaikan pendidikan di luar negeri pada saat itu, pada akhirnya mereka kembali ke Indonesia dengan motivasi dan inovasi, mereka berani untuk menentang penjajah dan menginisiasikan kemerdekaan. Oleh sebab itu, jiwa patriotisme pada generasi dulu, juga harus ditanamkan pada generasi kita yang sekarang dan yang akan datang,” lanjut gubernur.
“Ketiga, tantangan kita kedepan adalah, jangan kita membanggakan kita punya sumberdaya alam yang besar, yang paling utama adalah sumber daya manusia yang harus kita prioritaskan dalam pembangunan. Oleh sebab itu, bagi Jambi, sumber daya manusia merupakan prioritas utama kita, dan dengan program-program sampai tahun 2015 ini, akhir masa jabatan saya, memang kita mengutamakan menyekolahkan anak-anak Jambi ke jenjang S3, S2, S1 dan meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak kita mulai SD, SMP, dan SMA,” tandas gubernur.
Sebelumnya, selaku inspektur upacara, gubernur membacakan sambutan tertulis Menteri Kebudyaan dan Pendidikan Dasar Menengah Republik Indonesia, Anis Baswedan.
Pada kesempatan tersebut, dilakukan pemberian beasiswa secara simbolis dari BPJS Ketenagakerjaan dengan total nilai Rp195 juta, yang diberikan kepada perwakilan siswa penerima beasiswa, yakni Rp1.800.000 untuk jenjang SD, Rp1.800.000 untuk jenjang SMP, Rp2.400.000 untuk jenjang SMA, dan Rp2.400.000 untuk jenjang perguruan tinggi.
Turut hadir dalam acara tersebut, Walikota Jambi, H.Sy.Fasha, Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, H.Rudham Priskap, pejabat terkait dalam lingkup Pemerintah Provinsi Jambi, serta para undangan lainnya. (lia/hms).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here