Home DAERAH Gubernur Sosok Yang Agamis, Peduli Dengan Pembangunan dan Mental Generasi Muda Jambi

Gubernur Sosok Yang Agamis, Peduli Dengan Pembangunan dan Mental Generasi Muda Jambi

259
0

Demi Rakyat Yang Dicintainya, HBA Siap Lanjutkan Pembangunan

Jambi – Mediatransparancy.com – Sosok seorang pemimpin yang pantas dan layak untuk memimpin warga masyarakatnya haruslah mempunyai ciri-ciri dan kriteria khusus, diantaranya adalah sosok agamis, peduli dengan keadaan pembangunan serta juga peduli dengan nasib generasi muda khususnya di Provinsi Jambi. Ternyata semua ciri-ciri dan kriteria tersebut dimiliki oleh H. Hasan Basri Agus (HBA) yang sekarang ini masih menjabat sebagai Gubernur Jambi periode 2010 -2015. Dan wajar saja apabila banyak desakan dari berbagai kalangan masyarakat yang ingin agar HBA memimpin Jambi untuk yang kedua kalinya karena banyak hasil-hasil dan perkembangan pembangunan Provinsi Jambi yang kita cintai ini dinikmati masyarakat dimasa kepemimpinan HBA sebagai Gubernur Jambi.

hba
Sebagai seorang gubernur yang berlatar belakang pendidikan dari pondok pesantren, maka suatu hal yang wajar apabila HBA sangat peduli dan perhatian sekali terhadap dunia pendidikan khususnya di pondok pesantren yang ada di Provinsi Jambi. Di setiap kunjungan kerjanya ke berbagai daerah HBA selalu menyempatkan diri untuk mengunjungi dan berdialog langsung dengan para santri, selain itu HBA juga selalu membantu pembangunan setiap pondok pesantren baik itu melalui dana pribadinya maupun melalui anggaran APBD Provinsi Jambi. Selain itu juga, sosok yang berlatar belakang santri ini selalu memberikan motivasi kepada para santri agar kelak bisa menjadi seorang pemimpin seperti dirinya. “Kita selalu Mendorong pesantren terus berkembang meningkatkan kualitas SDM. Banyak pejabat dari kalangan santri, maka rajin-rajinlah belajar,” nasehat HBA kepada para santri pada saat kunjungan kerjanya meninjau Pondok Pesantren Serambi Mekah Desa Bakti Mulya Kecamatan Sungai Bahar Kabupaten Muaro Jambi beberapa waktu lalu (17/02/2015).
Gubernur Jambi HBA juga sangat berharap lulusan pesantren ini nantinya banyak berguna ditengah masyarakat. Pendidikan pondok pesantren bukan saja untuk ilmu pribadi, hendaknya bisa bermanfaat untuk orang banyak serta bisa menjadi pemimpin dimasa mendatang. “Orang yang menguasai ilmu pengetahuan baik ilmu agama juga ilmu umum lainnya hendaknya bisa bermanfaat bagi masyarakat lainnya,” tutur HBA saat meresmikan meresmikan, Masjid Al-Aufa dan Maulid Nabi Muhammad SAW di Pondok Pesantren Darul Aufa Sungai Buluh Muaro Bulian beberapa waktu lalu (20-2-2015).
Selain itu, disetiap kunjungan kerjanya ke berbagai daerah di Provinsi Jambi Gubernur Jambi HBA juga selalu menegaskan bahwa sebagai seorang pemimpin tentu dirinya tidak rela dan tidak sudi melihat masyarakatnya hidup didalam kemiskinan dan susah. “Saya kadang-kadang meneteskan air mata melihat masyarakat yang susah-susah. Pada dasarnya seorang pemimpin itu tidak sudi dan tidak rela melihat masyarakatnya hidup dalam kesusahan. Dari itulah, saya inginkan rumah yang sangat miskin sudah dibedah semua diakhir jabatan saya,”tuturnya pada saat menghadiri Peringatan Isra’ Mi’ Raj Nabi Muhammad SAW, 1435 H dan Tabliq Akbar di Masjid At-Taqwa Desa Batin Kecamatan Bajubang Kabupaten Batanghari 10 Juni 2014 lalu.

Disamping kepeduliannya terhadap pondok pesantren, anak santri yang kini menjabat sebagai Gubernur Jambi tersebut juga sangat peduli dan bangga dengan keberadaan pengajian yang dilaksanakan oleh para ibu-ibu dalam wilayah Provinsi Jambi ini. Menurutnya, pengajian yang dilaksanakan oleh ibu-ibu sebagai pendidik anak-anak harus terus digalakkan demi pembangunan mental dan karakter generasi bangsa. “Terus kembangkan pengajian, kalau iman ibu sudah kuat, negeri akan aman dan tentram. Didik anak-anak dengan keimanan agar terhindar dari narkoba,” ucapnya pada saat menghadiri Tabligh Akbar dan Maulid Nabi Muhammad SAW 1436 H dilapangan Kelurahan Pelabuhan Dagang ketika itu, (Jum’at, 30/1-2015).

Selain peduli dan perhatian terhadap pondok pesantren, Gubernur HBA juga sangat peduli dengan dunia pendidikan lainnya. Kepedulian tersebut dibuktikan HBA dengan menggelontorkan dana ratusan milyar lebih bagi anak Jambi untuk menempuh pendidikan sampai jenjang doktoral. “Persaingan SDM semakin ketat, ratusan miliar telah dianggarkan. Barang yang mempunyai kualitas bisa dijual dengan mudah, begitupun SDM yang memiliki skill akan menempatkan posisi yang lebih baik,” papar HBA saat menghadiri Wisuda Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi XIV dan Akademi Sekretari dan Manajemen XXXV Yayasan IKABAMA Jambi beberapa waktu lalu, (Kamis,29/1-2015).
Menindaklanjuti banyaknya desakan dari berbagai kalangan agar dirinya kembali mencalonkan diri menjadi Gubernur Jambi untuk kedua kalinya, HBA juga telah menyatakan kesiapannya untuk mengemban kembali amanah dari rakyat yang dicintainya tersebut demi keberlangsungan pembangunan di Provinsi Jambi yang sudah baik dalam lima tahun di era kepemimpinannya dan memajukan Provinsi Jambi lebih baik lagi.
Pernyataan kesiapan untuk melanjutkan pembangunan tersebut menurut HBA didasarkan atas desakan masyarakat yang disampaikan langsung dalam setiap kunjungan kerjanya ke seluruh kabupaten/kota dalam wilayah Provinsi Jambi. Desakan masyarakat tersebut disampaikan dengan mempertimbangkan berbagai program kerja HBA sebagai Gubernur Jambi yang dinilai berhasil dan sangat membantu masyarakat terutama masyarakat miskin yang tersebar di seluruh wilayah Provinsi Jambi.
Menurut salah satu tokoh masyarakat Desa Simpang Penegah Kabupaten Sarolangun, Akmal, menyatakan bahwa berbagai program pembangunan yang dilaksanakan oleh Gubernur Jambi HBA sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, terutama program SAMISAKE. Untuk itu dirinya berharap Gubernur Jambi HBA bisa melanjutkan dan mengembangkan program tersebut dimasa yang akan datang. Hal tersebut diungkapkannya langsung dihadapan Gubernur Jambi HBA pada saat kunjungan kerjanya menghadiri silahturahmi dengan salah satu tokoh masyarakat Sarolangun H. Syafii di Desa Simpang Penegah Kabupaten Sarolangun beberapa waktu lalu, (Rabu,14-1-2014).
Hal senada juga dikatakan oleh Adi Mustakim yang merupakan perwakilan masyarakat Kecamatan Mendahara Ulu Kabupaten Tanjung Jabung Timur yang menyatakan bahwa program pembangunan yang dilakukan Gubernur Jambi HBA seperti Program bedah rumah Satu Miliar Satu Kecamatan (Samisake) sangat menyentuh bagi masyarakat. Menurutnya program pembangunan infrastruktur jalan yang dilaksanakan oleh Gubernur HBA juga sangat bermanfaat bagi masyarakat. “Kami berharap agar pak HBA maju sebagai calon Gubernur Jambi dalam Pemilihan Gubernur Jambi Tahun 2015 mendatang,” ungkapnya pada saat kunjungan kerja Gubernur Jambi HBA di RT. 06 Simpang Kiri, Desa Pematang Rahim Kecamatan Mendahara Ulu, Kabupaten Tanjung Jabung Timur pada tanggal 23 Mei 2014 silam. (lia/Hms)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here