Home DAERAH GUBERNUR TERUS DORONG FESTIVAL DANAU KERINCI UNTUK PELESTARIAN ALAM, BUDAYA, DAN PENGEMBANGAN...

GUBERNUR TERUS DORONG FESTIVAL DANAU KERINCI UNTUK PELESTARIAN ALAM, BUDAYA, DAN PENGEMBANGAN EKONOMI

259
0
KAB. KERINCI, MEDIATRANSPARANCY.COM – Gubernur Jambi, H.Hasan Basri Agus (HBA) menyatakan bahwa dirinya terus mendukung dan mendorong pengembangan Festival Masyarakat Peduli Danau Kerinci (FMPDK), atau yang kerap disebut Festival Danau Kerinci, untuk pelestarian alam dan budaya, serta untuk pengembangan ekonomi. Hal tersebut dikemukakan oleh gubernur dalam Pembukaan Festival Masyarakat Peduli Danau Kerinci XIV Tahun 2015, bertempat di Desa Senggaran Agung, Kecamatan Danau Kerinci, Kabupaten Kerinci, Kamis (30/7) siang.


Tema FMPDK tersebut adalah “Membuka Peluang Investasi dan Menumbuhkembangkan Ekonomi Kerakyatan serta Pelestarian Seni Budaya untuk Menuju Kerinci Lebih Baik.”

Gubernur menjelaskan, jika semakin banyak orang yang berkunjung ke destinasi wisata suatu daerah, maka perputaran uang di daerah dimaksud akan semakin banyak pula, dan berdampak positif terhadap geliat perekonomian daerah tersebut, termasuk mendorong tumbuh kembangnya ekonomi kerakyatan.

Untuk itu, gubernur mengungkapkan bahwa Pemerintah Provinsi Jambi akan terus men-support pengembangan wisata di seluruh kabupaten/kota se Provinsi Jambi.

Dikatakan oleh gubernur, Kabupaten Kerinci dianugerahi alam yang indah dan subur, dan memiliki banyak destinasi wisata, baik wisata alam, wisata budaya, dan wisata sejarah, dan, keberadaan Danau Kerinci merupakan salah satu destinasi wisata andalan di Kabupaten Kerinci.

Gubernur menghimbau seluruh masyarakat Kerinci untuk melestarikan lingkungan dengan baik, untuk keseimbangan ekologi dan untuk pengembangan ekonomi.

Selain itu, gubernur menyatakan, Provinsi Jambi memiliki 223 obyek wisata, terdiri dari obyek wisata budaya/sejarah, wisata alam, wisata minat khusus, dan wisata buatan.

Gubernur juga menyatakan, sektor kepariwisataan turut menopang pertumbuhan ekonomi Provinsi Jambi, yaitu penyediaan akomodasi, makan dan minum, yang pada tahun 2014 mengalami pertumbuhan tertinggi, yaitu 18,7%.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Jambi dan istri, Hj.Yusniana Hasan Basri menerima cinderamata dari masyarakat Kerinci yang diberikan oleh perwakilan masyarakat Kerinci, berupa hasil industri rumah tangga yang merupakan olahan hasil alam Kerinci.

Selanjutnya, gubernur menaburkan benih ikan ke Danau Kerinci, didampingi oleh Bupati Kerinci dan para pejabat lainnya.

Kepada para wartawan yang mewawancarainya, gubernur mengemukakan bahwa pembangunan infrastruktur jalan ke Kerinci merupakan upaya Pemerintah Provinsi Jambi untuk meningkatkan pembangunan Kabupaten Kerinci, termasuk dalam sektor kepariwisataan.

Gubernur menyatakan, untuk mendukung potensi wisata Kerinci menjadi destinasi wisata, maka akses harus bagus, dan, jalan ke Kerinci yang saat ini kondisinya sudah bagus sangat mendukung, termasuk juga pembangunan pengembangan bandara Depati Parbo di Kerinci, yang akan dibangun oleh Angkasa Pura.

Gubernur mengungkapkan, kedepan pembangunan Kerinci akan semakin baik lagi, dimana dengan berubahnya status jalan ke Kerinci, dari jalan provinsi menjadi jalan nasional, maka memungkinkan bagi Pemerintah Provinsi Jambi untuk menarik sebagian jalan yang statusnya jalan Kabupaten Kerinci menjadi jalan provinsi, yang nantinya akan sangat membantu bagi Pemerintah Kabupaten Kerinci.

Bupati Kerinci, H.Adi Rozal, dalam sambutannya menyatakan, FMPDK ini merupakan agenda nasional, sebagai pemanfaatan potensi wisata daerah, yang diarahkan untuk pengembangan ekonomi masyarakat.

Adi Rozal mengatakan, pada FMPDK XIV Tahun 2015 ini, sebagian sarana jalan Provinsi Jambi yang ada di Kabupaten Kerinci, sudah bagus dan memadai.

Selain itu, lanjut Adi Rozal, sudah 4 kali penerbangan Jambi – Kerinci dalam seminggu, dan sekarang sedang diupayakan penerbangan dari Padang dan Dumai menuju Kerinci.

Selanjutnya, Adi Rozal mengharapkan dukungan Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Jambi, BUMN, BUMD, dan investor untuk lebih lagi meningkatkan wisata Kerinci, sebagai bagian dari upaya untuk membangun dan memajukan Kabupaten Kerinci.

Adi Rozal menyatakan, 350 orang lebih pelaku UMKM yang hadir dalam FMPDK XIV Tahun 2015, yang telah mengikuti pelatihan, baik di kabupaten provinsi, maupun nasional.

Ketua Panitia FMPDK, Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Kerinci, Ardinal, dalam laporannya menyampaikan, FMPDK XIV Tahun 2015 dilakukan mulai 30 Juli sampai 3 Agustus 2015.

Ardinal mengatakan, ada berbagai kegiatan dalam FMPDK XIV Tahun 2015 ini, antara lain: lomba menyelam tradisional, lomba menyelam modern dibawah binaan angkatan Laut, seminar tentang pelestarian lingkungan, pameran pupuk unggulan hasil kerja SKPD terkait.

Defile dari masing-masing kecamatan se Kabupaten Kerinci, Tari Rantak Lamo Pasulu Sara, dan berbagai pertunjukan pencak silat turut memeriahkan even tersebut.

Turut hadir dalam acara tersebut, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Kerinci, para perwakilan bupati/walikota se Provinsi Jambi, para pejabat terkait dari Pemerintah Provinsi Jambi dan Pemerintah Kabupaten Kerinci, serta para undangan lainnya. (lia/hms).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here