Home DAERAH GUBERNUR TINJAU KAMPUNG TERNAK DESA BUKIT SUBAN

GUBERNUR TINJAU KAMPUNG TERNAK DESA BUKIT SUBAN

218
0
Gbr: Gubernur HBA tinjau ternak di desa bukit suban

Feb 8 at 9:51 PM
Sarolangun, Mediatransparancy.com – Gubernur Jambi, H.Hasan Basri Agus (HBA) meninjau Kampung Ternak Desa Bukit Suban, Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Sarolangun, Minggu (8/2) siang.

Lokasi yang ditinjau adalah kampung ternak sapi di Dusun Margarahayu dan Dusun Kedung Mulyo, Desa Bukit Suban, Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Sarolangun. Dan, di Dusun Margarahayu, bersama Bupati Sarolangun, H.Cek Endra dan Wakil Bupati Sarolangun, H.Pahrul Rozi, gubernur ikut melakukan inseminasi buatan.

Dalam peninjauan tersebut, gubernur berbincang-bincang dengan para peternak sapi, diantaranya dengan Gunanto, ketua kelompok ternak di Dusun Margarahayu.

Untuk kelompok ternak sapi di Dusun Kedung Mulyo, awalnya warga kelompok peternak sapi (Kelompok Sumber Mulyo) mempunyai 25 ekor sapi pada tahun 2011, dan sekarang telah bertambah menjadi 40 ekor.

Usai peninjauan kampung ternak, kepada para wartawan yang mewawancarainya, gubernur menyatakan, pemerintah memberikan bantuan ternak kepada masyarakat kelompok peternak di Desa Bukit Suban.

“Saya melihat di sini perkembangannya cukup baik. Jadi, pada tahun 2008 dulu kita resmikan menjadi Kampung Ternak, artinya perkembangannya baik dan membanggakan kita,” ujar gubernur.

Gubernur mengungkapkan, ada beberapa permintaan dari masyarakat, misalnya pengolahan pelepah sawit menjadi pakan ternak, disamping mau menanam rumput gajah, tapi membutuhkan kawat untuk kandangnya. “Saya pikir, itu nanti bisa kita realisasikan, kita bantu, terus terang, Bukit Suban ini membanggakan saya, terimakasih Pak Bupati Sarolangun atas binaannya, sehingga nanti betul-betul kita jadikan kebanggaan kita, kampung ternak di Provinsi Jambi,” jelas gubernur.

Gubernur mengungkapkan, selain itu, ada fasilitas-fasilitas lain yang diharapkan masyarakat Bukit Suban, yaitu infrastruktur pendidikan dan jalan. “Secara bertahap, nanti kita penuhi. Memang tidak gampang untuk memenuhi sekaligus, dengan kondisi dana kita yang sangat terbatas,” pungkas gubernur.

Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Sarolangun, Gunawarman menuturkan, sebagian masyarakat pemelihara ternak di Desa Bukit Suban adalah Suku Anak Dalam, artinya program pemerintah melibatkan Suku Anak Dalam.

Gunawarman mengatakan, pencanangan Desa Bukit Suban sebagai Kampung Ternak dimulai tahun 2008, dengan jumlah ternak 886 ekor, sekarang berkembang menjadi 1.521 ekor.

Sebelumnya, gubernur dan rombongan meninjau Sekolah Dasar No.191/VII Pematang Kabau II Desa Bukit Suban, Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Sarolangun. Di sekolah ini, banyak anak-anak Suku Anak Dalam (SAD) menimba ilmu, jadi anak-anak SAD telah membaur dengan warga lainnya.

Kepala Sekolah SD No.191/VII Pematang Kabau II, Ade (Ibu) mengatakan, jumlah murid di sekolah tersebut 95 orang, dengan jumlah guru 12 orang, dan SD ini didirikan tahun 1994.

Ketua Lembaga Adat Dusun Pematang Kabau II (yang juga SAD), Ngalam mengucapkan terimakasih kepada gubernur dan Bupati Sarolangun atas berbagai program bantuan bagi SD 191, serta berharap agar pemerintah terus membantu pengembangan sekolah.

Gubernur dan rombongan juga meninjau SMKN 8 Sarolangun, Desa Bukit Suban, Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Sarolangun. Di sekolah ini, gubernur melakukan peletakan batu pertama pembangunan tiga Ruang Kelas Baru (RKB).

Kepala Sekolah SMKN 8 Sarolangun, Purnomo, S.Pd, MM menyatakan, ada 3 jurusan di sekolah yang terdiri dari 8 lokal tersebut, yakni Agrobisnis, Teknik Audiovideo, dan Akuntansi.

Sebelum peninjauan sekolah, gubernur dan rombongan meninjau rumah yang terbakar di Desa Baru, Kecamatan Air Hitam. Kebakaran yang terjadi pada Sabtu (7/2) sekitar jam 19.30 tersebut melalap sebagian rumah milik Arpani. Dalam peninjauan ini, gubernur memberikan sumbangan pribadi.

Ketua TP PKK Provinsi Jambi, Hj.Yusniana Hasan Basri; Ketua Dharma Wanita Provinsi Jambi, Hj.Lovia Ridham; para pejabat terkait dari Pemerintah Provinsi Jambi dan Pemerintah Kabupaten Sarolangun beserta jajaran ikut serta dalam peninjauan tersebut. (lia/hms).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here