Home Berita Terbaru Guna Mengantisifasi Penyebaran Virus Corona Pengadilan Negeri Jakarta Utara Tunda Sejumlah Persidangan

Guna Mengantisifasi Penyebaran Virus Corona Pengadilan Negeri Jakarta Utara Tunda Sejumlah Persidangan

46
0

JAKARTA, MEDIA TRANSPARANCY –Pengadilan Negeri Jakarta Utara (PN Jakut) mulai hari ini Senin 23/03 hingga batas waktu 14 hari kesepan, telah menjadwal ulang sejumlah persidangan perkara sehubungan dengan penyebaran virus Corona.

Untuk membatasi dan memutus rantai peredaran Covid 19 tersebut pihak Pengadilan telah mengambil langkah dengan menunda jadwal sebahagian persidangan perkara. Hal itu disampaikan humas Pengadilan Negeri Jakarta Utara Djuyamto pada wartawan 23/03/2020.

Menurut Djumyanto, Pengadilan terpaksa mengatur ulang jadwal perkara sesuai kesepakatan internal majelis hakim di Pengadilan Negeri Jakarta Utara. “Minggu lalu telah diambil langkah untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona dengan menunda sebahagian persidangan selama 14 hari”, ujarnya.

Sejumlah persidangan yang ditunda tersebut, terutama perkara pidana yang masa penahaannya lama tapi sidang acara pembuktiannya tidak banyak, seperti perkara Narkoba, perkara pembunuhan, penganiayaan atau perkara yang masa penahanannya masih panjang supaya tidak bebas demi hukum, kesepakatannya seperti itu, ujarnya.

Sementara perkara yang segera habis masa penahanan dan atau sudah memasuki acara pembacaan putusan tetap dilaksanakan persidangan, sambil menunggu petunjuk lebih lanjut dari Mahkamah Agung (MA).

Humas juga mencontohkan perkara yang ditunda seperti sidang penganiayaan penyiraman Air keras yang masa penahaannya masih panjang. Dimana masa persidangan dijadwalkan mundur juga dua minggu menjadi sidang tanggal 2 April yang seharusnya sidang lanjutannya tanggal 26 Maret 2020, ucapnya.

Selain mengundur atau menjadwal ulang daftar persidangan, pihak Pengadilan juga sudah mengambil langkah pencegahan Covid 19 dengan penyemprotan disinfektan di seluruh ruangan yang dilaksanakan 22/03/2020.

Seluruh ruangan hakim, Panitera serta ruangan persidangan dan area Pengadilan di Semprot cairan disinfektan.  Hal itu dilakukan untuk menjaga dan mengantipasi penyebaran Covid19 pada internal pegawai Pengadilan dan juga untuk para pengunjung Pengadilan Negeri Jakarta Utara. Smoga semua masyarakat terhindar dari virus mematikan tersebut, katanya menambahkan.

Penulis : P. Sianturi
alterntif text

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here