banner 728x250

Guna Optimalkan PAD Wabup Toba Apresiasi Peluncuran E-Pendapatan

  • Share

TOBA, mediatransparancy.com – Pemerintah Kabupaten Toba, melalui Wakil Bupati Toba, Tonny M Simanjuntak mengapresiasi semua pihak atas peluncuran aplikasi E-Pendapatan bidang pelayanan pembayaran pajak. Aplikasi kerja sama Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (BPPD) Kabupaten Toba dengan PT. Bank Sumut tersebut bertujuan pengoptimalan pendapatan asli daerah (PAD).

Hal ini disampaikan Wabup Tonny dalam kata sambutannya pada Acara Launching (Peluncuran) Aplikasi E- Pendapatan Daerah Kabupaten Toba Secara Host to Host (sistem yang terhubung) Antara Pemerintah Kabupaten Toba Dengan PT.Bank Sumut, yang digelar di Balai Data Kantor Bupati Toba ,Balige, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatra Utara, Selasa (23/11).

judul gambar

Tonny mengatakan, adanya aplikasi E-Pendapatan sejalan dengan prinsip transparansi, sesuai arahan Bank Indonesia untuk pembayaran non tunai pembayaran pajak.

“Apresiasi juga untuk Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah Kabupaten Toba atas aplikasi ini. Ke depan, bukan hanya itu supaya ditambah pelayanan lain seperti e-parkir yang sudah ada di kota lain di Sumut,” katanya.

Wabup Tonny kepada para pengusaha juga disampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran dan partisipasi dalam pembangunan melalui pembayaran pajak.

“Terima kasih kepada Bank Indonesia dan PT Bank Sumut yang telah mendorong penerapan implementasi digitalisasi elektronifikasi dan digitalisasi melalui E-Pendapatan. Juga atas kehadiran bapak, ibu selaku wajib pajak daerah, yang turut berkontribusi meningkatkan PAD Kabupaten Toba. Saya berharap, para wajib pajak dan masyarakat pada umumnya dapat memanfaatkan aplikasi ini dengan baik,” sebutnya.

Wabup Tonny juga menyosialisasi perhelatan internasional F1H2O kepada para pengusaha dan berharap para pengusaha ikut berpartisipasi bersama UMKM dalam ajang yang akan dilaksanakan pada 24-26 Februari 2023.

Sebelumnya, Kepala BPPD Kabupaten Toba, Parulian Siregar mengatakan, inovasi atau aplikasi E-Pendapatan tersebut merupakan bentuk kerjasama antara Pemkab Toba melalui BPPD dengan PT Bank Sumut Cabang Balige.

“Dengan adanya Host to Host antara Pemkab Toba dengan PT Bank Sumut, adalah untuk mendukung pelaksanaan tugas pokok dan fungsi BPPD, dimana tidak menggunakan sistem tunai lagi, tetapi menggunakan sistem non tunai,” sebut Parulian.

Disampaikannya, manfaat dari penggunaan sistem aplikasi e-Pendapatan diantaranya, mampu meminimalisir tingkat kebocoran PAD Kabupaten Toba, meningkatkan transparansi pajak daerah, memudahkan dalam penyajian informasi dan laporan secara realtime, mempermudah segala urusan pembayaran pajak, dan memutus sistem transaksi tatap muka yang kerap menjadi celah pungli.

“Dengan aplikasi ini, diharapkan bisa meningkatkan pendapatan daerah dari sektor pajak,” paparnya.

Kegiatan peluncuran aplikasi E-Pendapatan daerah ini disaksikan oleh Sekdakab Toba, Augus Sitorus, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Wilayah Sibolga, Jona Taruli Sidabalok, Asisten Administrasi Umum, Verry S.Napitupulu, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Fernando Samosir , Plt. Kadis Kominfo, Sesmon TB Butarbutar dan pejabat lainnya.

Selanjutnya hadir juga Pimpinan Bank Sumut Balige dan sejumlah para wajib pajak hotel, restoran, dan tempat hiburan. Sabar Manurung

judul gambar
  • Share
judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published.