banner 728x250

Guru Besar Pencak Silat Sekinci – kinci, Lantik Dewan Pengurus Pusat Hingga Dewan Pengurus Daerah

  • Share

Lampung Utara | Media Transparansi. com – Guru Besar Sekinci Kinci Hasbullah Gelar Tuan Raja Margo lantik seluruh kepengurusan Perguruan Pencak Silat Asli Adat Lampung (PPAAL) Sekinci Kinci dari Dewan Pengurus Pusat (DPP) hingga Dewan Pengurus Daerah (DPD), acara pelantikan dihadiri seluruh pengurus dan anggota se Propinsi Lampung di dusun Belimbing Desa Pekurun Udik Kecamatan Abung Pekurun Kabupaten Lampung Utara, pada Minggu (02/10), Senin (03/10/2022).

Diawali dengan penyambutan oleh Guru Besar Sekinci Kinci Hasbulah atas kedatangan calon Ketua DPP Sekinci Kinci Mawardi Harirama bersama seluruh calon Ketua DPD se Provinsi Lampung dengan tari Pencak Sekinci kinci

judul gambar

Ketua Panitia Irwanda Dirusi.S.E.,S.T mengatakan, bahwa dirinya berharap semoga dengan terbentuknya perguruan Sekinci Kinci dapat mempererat tali silaturahmi kita semua. Dan, dirinya jugamemanjatkan doa agar guru besar dan ketua DPP diberikan kesehatan serta dapat tercapai maksud dan tujuannya.

Ketua DPP Sekinci Kinci Drs. H. Mawardi Harirama, M.Si. gelar Suttan Seghayo Dipuncak Nur mengatakan, bahwa semoga pelantikan ini semoga amanah yang di pegang dapat berkembang dan maju serta berkembang, harus terus maju. Yang jelas harus menguasai Pencak Adat Asli Lampung Sekinci Kinci.

“Silat Sekinci-Kinci ini adalah Silat Adat Lampung yang hidup beribu tahun yang lalu, karena itu sumbernya adalah Adat dan Budaya Lampung, yg membentuk manusia beradab, maka sebab itu Sekinci-kinci mempunya makna secara lahir maupun batin,” ucap beliau.

Lebih lanjut Mawardi mengatakan bahwa yang ditonjolkan dari Pencak Sekinci-Kinci sendiri adalah salah satu seni pada Adat Lampung untuk membina masyarakat, membina generasi muda baik secara lahir maupun batin. Untuk pengembangannya sudah mulai pesat di Lampung dan akan terus meluas diseluruh Indonesia.

“Sementara ini yang kita latih ada 10 Kabupaten dan Kota, sudah hampir seluruh kabupaten-kabupaten lainnya, tetapi masi mengikuti DPD yang 10 tersebut, mudah-mudahan untuk masa yang akan datang silat sekinci-kinci berkembang diseluruh Provinsi Lampung dan seluruh Nusantara. Karena kita Adat Budaya Lampung mempunya ciri khas dan ke-utamaan, sana seperti adat-adat lain di budaya lan,” ujar beliau. (Sis)

 

 

 

 

 

judul gambar
  • Share
judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published.