Home BERITA TERBARU GUYUP RUKUN MASYARAKAT BEDONO BERSAMA APARAT LINTAS SEKTORAL TANON BERPARTISIPASI DALAM RELOKASI...

GUYUP RUKUN MASYARAKAT BEDONO BERSAMA APARAT LINTAS SEKTORAL TANON BERPARTISIPASI DALAM RELOKASI KORBAN LONGSOR

446
0

SRAGEN, MEDIATRANSPARANCY.COM – Semangat gotong royong dan peduli warga ditunjukkan masyarakat Pengkol Bedono Tanon Sragen, mereka berkumpul bersama- sama mencurahkan empati dan simpati pada Sarman, karena lagi didera masalah rumah huniannya yang nyaris ambrol akibat curah hujan yang tinggi, sehingga debit air yang besar  mengalir menggerus tanah pekarangan yang terletak dekat bibir sungai, longsor hingga 8 meteran dan kedalamannya  sekitar 5 meter. Kejadian terjadi pada sore hari (120218).

Sikap cepat tanggap warga, melalui RT 14 Pengkol,Sulismoyo segara menyikapi dilapangan, melaporkan permasalahan  kepada Kepala Desa dan instansi lintas sektoral.  Keesokan harinya, antusias warga hablur dalam dharma bakti bersama Perangkat Desa Bedono, Kepolisian Sektor Tanon, Babinsa Koramil Tanon, dinas Kecamatan dan BPBD Sragen, semua terjun ikut merelokasi ke lahan yang aman.

Selama dua hari dharma bakti ini dilakukan meski suasana dimusim hujan tidak mendukung namun semua berjalan lancar. “untuk Partisipasi dan aksi tanggap dari Lintas sektoral BPBD dan pihak-pihak tertentu ikut  menyumbangkan makanan, pakaian, juga berupa uang atas nama warga , saya selaku RT setempat mengucapkan terima kasih, semoga Yang Kuasa yang membalasnya” ucap Sulismoyo

Seperti Kades Pengkol Bedono, yang segera turun memberikan bantuan uang tunai 1 juta, “ ini respek Aksi tanggap darurat pada warga yang terkena musibah,  selanjutnya akan berkordinasi dengan lintas daerah, dan dari pihak kecamatan sudah ditembusi dan bersedia memberikan bantuan juga, kemarin bersama pak camat sudah berkoordinasi dengan Ibu Bupati, dan disuruh melengkapi persyaratannya untuk dimasukkan program bedah rumah” papar Haryono.

Dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sragen akan mengirimkan bantuan lagi berupa karung berisi sirtu sebanyak 500 karung, untuk menjadi penahan tanah, yang akan disusun bersap-sap. Menurut korlap yang melakukan kerja bakti Joko Julianto, bahwa ”langkah pertama melakukan Assessment yang kemarin diwakili oleh Kasie Rehab rekon Bp. Untung yang kesini bersama bp. Kalag melakukan kajian kebutuhan yang mendesak apa, bersama bapak Rt dan Bp Lurah berkordanasi juga dengan pihak Kasi Trantib kecamatan , kemudian kami mengirimkan logistic untuk melakukan langkah yang paling perlu, sesuai dengan arahan dari pimpinan.

Dari Koramil Tanon melalui Babinsa, memberi apresiasi dan terima kasih atas guyup rukun warga yang sudah mau saling membantu sesamanya yang susah, “kami berpesan kepada warga yang tinggal dibantaran sungai, untuk tidak menebangi pohon, justru tanah yang longgar hendaknya malah ditanami agar menjadi penahan agar tidak gampang longsor” pesan Budi, Babinsa Tanon.

Sementara dari Kapolsek Tanon melalui unit Kamtibmas yang ikut juga dalam prosesi pemindahan merasa berterima kasih dan memberikan apresiasi, “didukung fasilitas dan sdm warga setempat, gotong royong guyub rukun ini bisa  terlaksana pemindahan relokasi rumah yang terkena musibah ketempat yang lebih aman, sehingga korban merasa ringan dan terbantu, ini bentuk kesadaran warga yang perlu dilestarikan” pesan P.Suwanto.

Reporter: Mulyanto

Editor: Romy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here