banner 728x250

H+3 Idul Fitri, HZM Gelar Silaturahmi dan Berdiskusi Terkait Kearifan Lokal

  • Share

TRANSPARANCY – Silaturahmi sangat penting bagi kita, khususnya bagi saya dan keluarga secara pribadi, karena manfaat silaturahmi antara lain dapat memperpanjang usia dan juga melapangkan rejeki. Rejeki dalam hal ini menurut saya tidak selalu berupa materi.

Demikian disampaikan Haji Zaenal Muttaqin (HZM), saat bertandang ke Keraton Kacirebonan dalam rangka bersilaturahmi dengan Kelompok Penggerak Pariwisata (Kompepar) Pinayung Mulya Keraton Kacirebonan dan Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Kota Cirebon, bertempat di Paseban Kulon Panca Niti, Keraton Kacirebonan, Sabtu (15/5/2021).

judul gambar

Pada kesempatan tersebut, HZM yang di dampingi Istri tercinta, Ny. Affiati (Ketua DPRD Kota Cirebon), berdiskusi terkait beberapa hal, diantaranya terkait soal kearifan lokal yang meliputi pendidikan, seni, sosial, budaya, pariwisata dan juga UMKM (usaha mikro kecil dan menengah).

“Saya secara pribadi sebenarnya prihatin dan agak miris. Cirebon yang notabene mempunyai daya tarik yang kental perihal budaya serta kearifan lokalnya, kok sekarang ini seperti “tertidur”,” ujar HZM mengawali obrolannya.

HZM melanjutkan, “Menurut saya ini bukan hanya merupakan tanggungjawab pemerintah semata, yang memang punya kewajiban soal tatakelola tersebut, tetapi ini juga menjadi PR (pekerjaan rumah) dan tanggungjawab kita bersama, selaku anak bangsa yang cinta dan peduli terhadap budaya serta kearifan lokal. Apalagi Kota Cirebon sangat unik dan eksentrik, karena di sini mempunyai empat keraton dan satu peguron, dan ini merupakan satu-satunya di dunia,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Pepadi Kota Cirebon, Raden M. Iyan Arifudin, sangat mengapresiasi atas kedatangan HZM selaku Owner Surya Shuttle beserta Ibu Affiati. “Pada kesempatan diskusi tadi, kami bersama ketua dan jajaran pengurus kelompok penggerak pariwisata (Kompepar) Pinayung Mulya Keraton Kacirebonan menyampaikan beberapa hal terkait pendidikan, sosial, budaya dan kearifan lokal lainnya yang menurut saya saat ini agak memprihatinkan. Hal ini disambut baik oleh pak Haji Zaenal Muttaqin beserta ibu, semoga pembicaraan tadi bukan hanya sekedar wacana, tetapi ke depannya dapat terealisasi. Sehingga kelak anak cucu kita dapat lebih mengetahui dan memahami tentang kearifan lokal dan budaya Cirebon,” harap Raden Iyan yang di aamiinkan oleh ketua kelompok penggerak pariwisata (Kompepar) Pinayung Mulya Keraton Kacirebonan, Raden Agus Dzulkarnaen.

Penulis: Yudi
judul gambar
  • Share
judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *