banner 728x250

Hanya Menunggu Waktu Ketua RW 03 Pegadungan Jakarta Barat Bakal Masuk Penjara

  • Share

JAKARTA, MEDIA TRANSPARANCY – Ketua RW 03 Kelurahan Pegadungan, Kecamatan Kalideres Jakarta Barat, berinisial JA, bakal masuk penjara guna pertanggungjawaban hukum atas dugaan kasus penipuan yang dilaporkan warganya sendiri.

Proses hukum atas laporan tersebut tetap berjalan, hanya menunggu waktu ketua RW JA yang ditengarai melakukan penipuan terhadap warganya itu akan berlanjut ke meja persidangan, jika terlapor tidak mengembalikan kerugian korban. JA dilaporkan ke Polisi Sektor Kalideres, Jakarta Barat, dengan nomor LP STPL/0285/B/IV/SPKT, Polsek Kalideres/Resto Jakbar/PMJ.

judul gambar

Pius Situmorang SH, penasehat hukum pelapor membenarkan klienya telah melaporkan Djaya, ketua RW 03, Kelurahan Pegadungan, Kecamatan Kalideres, guna proses hukum. Pihaknya menyerahkan sepenuhnya penanganan kasus dugaan penipuan itu ke penyidik Kepolisian. Sebagai pelapor, sangat mengapresiasi pelayanan hukum yang dilakukan Polsek Kalideres. Petugas pelayanan telah menerima laporan warga terkait pengaduan pasal 378 KUHP, tentang penipuan yang dialami pelapor atau korban.

Klien kami mengambil langkah untuk melaporkan kasus tersebut guna kepastian hukum, sebab pihak terlapor tidak mempunyai itikad baik terkait kerugian yang diderita korban. Terlapor terkesan mengabaikan norma hukum dan norma kepatutan yang berlaku di masyarakat, dimana sebelum laporan disampaikan ke Kepolisian, kedua belah pihak sudah pernah dimediasi, namun terlapor mengabaikan hal itu. Sebagaimana kronologis perbuatan terlapor, pada bulan Juli 2020, terlapor meminjam mobil pelapor no Pol AA 9226 RF, merk Grand Livina, namun mobil yang dipinjam tersebut tidak dikembalikan malah digadaikan ke orang lain seharga 60 juta rupiah.

Terlapor yang merupakan ketua RW pelapor itu, meminta kepada pemilik mobil pelapor supaya menebus mobilnya dulu dan dalam waktu dekat terlapor akan mengembalikan uang pelapor, warga Apartemen Taman Surya Pegadungan itu. Namun tunggu dan ditunggu uang pelapor tidak dikembalikan hingga laporan masuk ke Polsek Kalideres.

“Sebelum melaporkan ke Polsek Kalideres, pelapor berinisial AA dan terlapor JA sudah pernah di mediasi Lurah Pegadungan dihadiri Babinsa, Kapospol, Bhabinkamtibmas, namun tidak ada titik temu dan tidak ada solusi dari terlapor untuk membayar uang korban. Dalam pertemuan mediasi tersebut, terlapor mengakui, menyesal serta khilaf atas perbuatannya”, ujar Pius 13/6/2021.

Menurut Pius, pihaknya juga mendapat informasi bahwa Ketua RW 03 Kelurahan Pegadungan itu sedang menghadapi persoalan hukum lain terkait pembangunan kaki lima. Menyangkut masalah tersebut sesuai informasinya sudah dilaporkan kepada Lurah Pegadungan. “Kami berharap Lurah harus bersikap objektif dan tegas atas rangkaian persoalan yang dilakukan JA sebab tidak tertutup kemungkinan Lurah akan terseret dalam pusaran permasalahan yang dialami ketua RW, sebab jabatan Lurah merupakan atau sebagai pembina bagi seluruh Ketua RW, ucapnya.

Sebagaimana laporan tersebut, pihak Kepolisian Polsek Kalideres membenarkan adanya laporan masyarakat atau warga melaporkan Ketua RW 03 Kelurahan Pegadungan. “Iya benar ada laporan warga, Minggu depan akan ada pemanggilan”, ujar Panit Reskrim Polsek Kalideres, Nasib Sitorus, 10/6/2021, sebagaimana dikutip dari rilis keterangan yang disampaikan pelapor pada Media ini. Terkait laporan dugaan penipuan tersebut, terlapor atau kuasa hukumnya belum memberikan keterangan.

Penulis : P. Sianturi

judul gambar
  • Share
judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *