Home Inspirasi HARANGGAOL KOTA WISATA DI PINGGIR DANAU TOBA

HARANGGAOL KOTA WISATA DI PINGGIR DANAU TOBA

650
0
Foto: Haranggaol Simalungun

MEDIATRANSPARANCY.COM – Kota Haranggaol merupakan sebuah kota wisata yang berada di tepi pantai bagian utara Danau Toba, kota ini masuk dalam wilayah Kabupaten Simalungun. Haranggaol dapat ditempuh dengan kenderaan roda empat sekitar tiga jam dari kota Medan dengan jarak kurang lebih 120 km dengan melewati rute Medan-Kaban Jahe-Merek-Saribudolok-Haranggaol, selain itu bisa juga melalui rute Medan – Tebing Tinggi – Pematang Siantar – Tigaras – Haranggaol dengan jarak kurang lebih 200 km dengan waktu tempuh yang lebih lama sekitar 5 jam.

Foto: Lembah di Pinggiran Danau Toba, Haranggaol Simalungun

Perjalanan ke daerah ini akan melewati jalan dengan turunan yang menyusuri lereng pinggir Danau Toba dengan kelokan-kelokan tajam, sehingga pengemudi harus ekstra hati-hati dan harus selalu waspada mengendalikan setir kenderaannya. Namun Anda akan disuguhi pemadangan yang menakjubkan apalagi udara segar dari pegunungan akan sangat terasa berembus menerpa wajah Anda. Pemandangan ini sudah dinikmati oleh oleh raja-raja Batak pada zaman dahulu kala, karena daerah haranggaol dikenal sebagai daerah peristirahatan para Raja Batak.

Daerah tersebut merupakan daerah pertanian yang subur, hasil pertanian yang dihasilkan dari daerah ini  berupa sayur-mayur seperti kol, tomat, cabe, bawang dan buah mangga. Tanaman tersebut merupakan komoditi yang banyak dan terkenal dihasilkan oleh

Banyaknya hasil pertanian dan perikanan tersebut membuat pasar di kota ini akan ramai teutama pada hari “Pekan” yang jatuh pada hari Senin dan Kamis. Jika Anda berada  di daerah ini pada hari Pekan maka Anda bisa menikmati suasana para pedagang di Pekan menjajakan dagangan berupa hasil bumi tersebut.

Sementara di dermaganya Anda bisa melihat kegiatan memancing ikan dan anak-anak yang berenang dengan gembira di dekat dermaga. Dari dermaga Anda bisa menikmati melihat air danau yang jernih atau menatap ke arah bukit yang hijau menikmati indahnya ciptaan Tuhan yang Maha Esa di tempat ini. Anda juga bisa ikut berenang dan menyelam karena air disini terkenal jernih

Usaha peternakan ikan saat ini sudah semakin berkembang dengan munculnya keramba-keramba ikan disekitarnya, karena masyarakat merasa mengusahakan keramba lebih menjanjikan. Hal ini yang membuat pertanian sudah mulai berkurang, padahal dahulu Haranggaol terkenal sebagai daerah penghasil bawang merah yang bagus di Sumatera Utara.

masyarakat di daerah ini. Selain pertanian, hasil lainnya adalah ikan, seperti ikan mas, ikan nila, ikan mujahir dan ikan gabus juga banyak dihasilkan disini.

Di Haranggaol terdapat sebuah goa yang berada persis di tepi Danau Toba diberi nama Goa Haranggaol, lokasinya di dusun Liang Atas, kelurahan Purba Pasir. Menurut cerita setempat gua haranggaol inilah yang dulu dipakai oleh raja-raja batak untuk menikmati keindahan Danau Toba. Selain melihat gua, Anda bisa bermain air dan berenang karena ada beberapa tempat pemandian yang menarik antara lain pemandian Tuhulan, Pemandian Tuktuk papan, pemandian Horisan, Pemandian Sabas, dan pemandian Sigumba-gumba.

Bagi anda yang inigin menghabiskan malam ditempat ini, di Haranggaol tersedia beberapa penginapan yang letaknya di tepi danau. Namun anda juga bisa menginap di rumah warga yang menyediakan rumahnya sebagai Home Stay bagi para wisatawan yang datang ke tempat ini. Dengan tinggal di home stay Anda bisa merasakan hidup dengan warga setempat dan bisa lebih bersentuhan dengan keramahan warga di sana sambil menikmati keindahan alam.

Sumber: Redaksi/panatapan.com
alterntif text

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here