Home DAERAH Harapkan Badan Wakaf Jadi Lembaga Percepatan Peningkatan Kesejhteraan Masyarakat

Harapkan Badan Wakaf Jadi Lembaga Percepatan Peningkatan Kesejhteraan Masyarakat

239
0
Gubernur Harapkan Badan Wakaf Jadi Lembaga Percepatan Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat

Jambi, Transparancy.com – Gubernur Jambi Drs.H.Hasan Basri Agus,MM menyatakan harapannya kepada Badan Wakaf Provinsi Jambi agar dapat menjadi lembaga percepatan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Provinsi Jambi. Pernyataan ini disampaikannya pada pelantikan perwakilan Badan Wakaf Indonesia Provinsi Jambi, Senin (14/4) bertempat dirumah dinas gubernur. Hadir pada kesempatan ini Wakil Ketua Wakaf Indonesia Drs.KH.A.Hafiz Usman, Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama RI Provinsi Jambi.

Dijelaskan Gubernur bahwa sesuai dengan UU nomor 41 tahun 2014, kelahiran Badan Wakaf Indonesia adalah dalam kerangka untuk memajukan dan mengembangkan perwakafan di Indonesia dimana dalam pelaksanaan tugasnya BWI bersifat bebas dari pengaruh kekuasaan manapun, serta beranggung jawab kepada masyarakat.

“Sepanjang sejarahnya wakaf telah memainkan peran yang sangat penting dalam mengembangkan kegiatan-kegiatan sosial, ekonomi dan kebudayaan. Oleh karenanya tidaklah berlebihan jika dikatakan bahwa wakaf menjadi instrument penting dalam pengembangan dan peningkatan kesejahteraan umat. Karena itu sudah selayaknya umat Islam untuk merekontruksi ulang sistem
manajemen pengelolaan wakaf, agar harta wakaf dapat digunakan sebagai salah satu instrument pendorong kegiatan umat sebagai perwujudan untuk meningkatkan kesejahteraan”ungkap Gubernur.

Disampaikan Gubernur bahwa dalam rangka mencapai tujuan tersebut kehadiran BWI di seluruh persada nusantara menjadi strategis terutama untuk mengelola potensi wakaf yang ada di tengah-tengah umat. “Untuk itu sebagai langkah awal untuk dapat memainkan peran strategis tersebut, harus mampu menciptakan sistem pengelolaan sistem yang lebih menitik beratkan pada
aspek pemanfaatannya yang lebih nyata tanpa kehilangan eksistensi wakaf itu sendiri yang dikelola secara mandiri, produktif dan tepat guna”jelasnya.

Dilanjutkan Gubernur bahwa ke depannya badan ini dapat mensejahterahkan umat. Dengan demikian umat berharap dengan kehadiran BWI Provinsi Jambi menjadi simpul strategis tidak saja berfungsi sebagai nazhir akan tetapi juga mampu mengelola wakaf dari masyarakat dan dikembangkan secara produktif.

“Kita semua berhaarap kiranya BWI Provinsi Jambi tidak hanya berfungsi sebagai lembaga yang mengelola wakaf secara independen dan mandiri agar dana yang dikelola lebih produktif, akan tetapi fungsi penyadaran dan sosialisasi terhadap masalah wakaf, baik fungsi maupun manfaatnya harus juga dimainkan oleh BWI Provinsi Jambi. Selama ini memang efektifitas untuk memberdayakan wakaf fan juga menark dana wakaf belum maksimal. Hal ini karena realisasi pencapaian di lapangan dengan potensi wakaf dimasyarakat sendiri belum berbanding lurus dan mencapai titik yang ideal” katanya. (lia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here