Home DAERAH Hari Gini PNS Terima Parcel, Tidak Ngetren

Hari Gini PNS Terima Parcel, Tidak Ngetren

281
0
Foto : Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo SH MIP saat acara Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Pekalongan serta Ketua TP PKK Kabupaten Pekalongan di Ghradika Bhakti Praja, Senin (27/6)

Semarang, Mediatransparancy.com – Mendekati Lebaran Gubernur Jawa Tengah kembali mengingatkan para pejabat agar tidak menerima parcel. Bingkisan berupa apa pun sebaiknya dialihkan bagi masyarakat yang lebih membutuhkan.

“Mendekati Lebaran, nanti akan banyak parcel. Kalau dulu tidak dapat parcel tidak ngetren. Hari ini terima parcel tidak ngetren. Hari ini terima parcel, jadul,” tegas Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo SH MIP saat acara Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Pekalongan serta Ketua TP PKK Kabupaten Pekalongan di Ghradika Bhakti Praja, Senin (27/6)kemarin .

Sekecil apa pun pemberian, imbuhnya, para pejabat harus mencoba untuk mengatakan tidak. Lebih baik parcel tersebut diberikan kepada yang membutuhkan, seperti kepada anak-anak yatim piatu.

“Karena dari yang kecil-kecil ini bisa menjadi persoalan besar. KPK saya kira sudah membuat pernyataan terbuka agar itu bisa kita laksanakan,” jelas gubernur.

Selain mengimbau pejabat untuk tidak menerima parcel, Ganjar juga meminta kepada masyarakat untuk tidak memberikannya. Jika dua-duanya sepakat tidak memberi dan tidak menerima, maka tidak akan muncul kebiasaan buruk.

“Buruknya biasanya berpengaruh pada sesuatu yang akan diputuskan. Jangan sampai nanti (keputusan itu) harus ada pemberian. Ini nanti jadi gratifikasi. Kalau masyarakat mengetahui, bisa melaporkan,” ucapnya.

Ditambahkan, selain tidak boleh menerima parcel, PNS juga dilarang menggunakan mobil dinas. Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah sudah mengorganisasikan agar disiapkan tempat parkir mobil dinas di Kantor Setda. Surat edaran mengenai larangan menerima parcel dan penggunaan mobil dinas tersebut sudah diteken pihaknya.

Pada kesempatan itu, pejabat yang dilantik Gubernur Ganjar Pranowo adalah Bupati Pekalongan periode 2016-2021 Asip Kholbihi SH MSi dan Wakil Bupati Hj Arini Harimurti Amat Antono. Mereka menggantikan pasangan Drs H Amat Antono MSi dan Fadia Arafiq SE MM. Selain itu juga dilakukan pelantikan Ketua TP PKK Kabupaten Pekalongan Dra Hj Munafah oleh Ketua TP PKK Jawa Tengah Hj Atikoh Ganjar Pranowo.

Penulis : Chris Muryat/rel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here