banner 728x250

Hari Guru Nasional Ke-75, Dinas Pendidikan Jawa Timur Bagi-bagi : “Kipin – Anjungan Belajar Mandiri”, sebagai solusi pemerataan pendidikan hingga ke daerah yang tak terjangkau sinyal

  • Share
SURABAYA, MEDIA TRANSPARANCY – Menyambut peringatan Hari Guru Nasional yang jatuh pada 25 November, Dinas Pendidikan Jawa Timur membagikan beberapa perpustakaan digital yang akrab disebut Kipin (Kios Pintar) ke sekolah-sekolah. Acara penyerahan Kipin ini diadakan di Islamic Center Surabaya pada Senin, 23 November 2020 dan dihadiri oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Surabaya 23 November 2020.
Kipin (Kios Pintar) merupakan sebuah perpustakaan digital yang berisi sumber-sumber pembelajaran lengkap untuk dimanfaatkan oleh guru dan siswa dari jenjang PAUD sampai SMA/SMK. “KIPIN – Anjungan Belajar Mandiri”  merupakan karya startup edutech asli Jawa Timur, hal tersebut  disambut baik oleh Dinas Pendidikan Jawa Timur “Suatu kebanggaan karya startup dari  Jawa Timur dapat memberikan sumbangsih kepada pendidikan di Jawa Timur dan bahkan di Indonesia,” ujar Wahid Wahyudi selaku Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur.
Prof. Dr. Unifah Rosyidi, M.Pd Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia dalam sambutannya secara virtual turut mengapresiasi program “KIPIN – Anjungan Belajar Mandiri” yang menurutnya menjadi inovasi solusi tidak hanya bagi siswa namun juga bagi guru yang mengalami ketimpangan pendidikan, di daerah pegunungan, pedesaan dan daerah terluar.
Kipin (Kios Pintar) ini rencananya akan dibagikan ke beberapa sekolah di seluruh Jawa Timur. Dalam acara di Islamic Center Surabaya ini secara simbolis diberikan kepada beberapa SMK/SMA yang lokasinya di pelosok Jawa Timur dimana jalur internetnya minim sekali, seperti di Pulau Bawean, Sumenep, Situbondo dan Pacitan. Dengan kecanggihan Kipin yang dapat dioperasikan secara offline, Dinas Pendidikan Jawa Timur yakin dengan adanya Kipin di daerah manapun di Jawa Timur dapat membantu sekolah-sekolah tersebut mendapatkan sumber pembelajaran dan bacaan literasi yang lengkap, gratis dan mudah tanpa mengkhawatirkan jaringan internet. Sekolah-sekolah tujuan ini akan  dipilih karena lokasinya yang memang sulit dijangkau oleh jaringan internet.
Dengan visi Jatim Cerdas, diharapkan pembagian Kipin  Anjungan Belajar Mandiri ini dapat berkontribusi secara maksimal di daerah-daerah yang jaringan internetnya masih sulit untuk tetap berusaha mencerdaskan anak-anak dan guru sebab ribuan isi data dari Kipin ini bisa diunduh tanpa biaya  dan tidak membutuhkan jalur internet sama sekali. Sumber pembelajaran yang dapat diunduh dan dimanfaatkan dari “Kipin – Anjungan Belajar Mandiri” antara lain adalah : ribuan buku pelajaran dari Kemdikbud, video pembelajaran, ribuan latihan soal dan bacaan literasi yang menitik-beratkan pada pendidikan karakter. Tidak hanya itu, tersedia juga buku-buku untuk PKBM, buku Prakerja, dan lain-lain yang bermanfaat untuk anak-anak sekolah dan masyarakat.
Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur terus berupaya untuk meningkatkan layanan, baik sarana maupun prasarana untuk kemajuan pendidikan di Jawa Timur. (Red)
judul gambar
  • Share
judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *