Home DAERAH Harmonisasikan Program, Pemkot Gelar Forum SKPD

Harmonisasikan Program, Pemkot Gelar Forum SKPD

199
0

Kota Jambi, Mediatransparancy.com – Untuk menyelaraskan kegiatan pembangunan di Kota Jambi dengan kebutuhan dan aspirasi masyarakat, Pemerintah Kota Jambi menggelar kegiatan Forum Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dilingkup Pemerintah Kota Jambi.

 Forum SKPD tahun 2016 yang bertemakan Sinkronisasi Hasil Musrenbang Kelurahan dan Kecamatan dengan Rencana Kerja SKPD, berlangsung di Aula Bappeda Kota Jambi dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah H. Daru Pratomo, pada Selasa, (22/3).

Dalam arahannya, Sekda Kota Jambi Daru Pratomo mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai langkah untuk memantapkan serta mempertajam Rencana (Renja) yang telah di input ke dalam sistim Informasi Perencanaan Daerah beberapa waktu yang lalu.

Ditambahkannya, Forum SKPD merupakan bagian dari mata rantai pembangunan daerah dan perencanaan berdasarkan Undang – Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 Tentang Tahapan Tatacara Penyusunan Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah.

“Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) telah kita laksanakan mulai dari tingkat kelurahan, dan kemudian kecamatan selanjutnya pada hari ini, hasil musrenbang sebagai aspirasi masyarakat akan kita bahas dalam forum SKPD tingkat Kota Jambi ini, dimana forum ini menjadi media antar pihak yang langsung atau tidak langsung mendapatkan dampak dari kegiatan yang diusulkan, sesuai dengan tugas pokok dan fungsi dari masing-masing SKPD yang bersangkutan,” katanya.

Daru menambahkan, segala bentuk kegiatan dan program yang telah dimasukkan ke dalam Simreda yang kelak menjadi cikal bakal KUA PPAS tentunya adalah kegiatan yang menjadi prioritas yang sesuai dan mendukung tercapainya VISI dan MISI yang terkandung dalam RPJMD Kota Jambi 2013 2018.

Dalam Forum SKPD ini, selain mencermati hal hal yang menjadi prioritas daerah, SKPD juga dituntut untuk menyinkronkan antara aspirasi dengan kebutuhan masyarakat.

“Saya meminta agar proses ini dilakukan dengan sungguh-sungguh, ingatlah bahwa perencaan yang baik adalah sebagian dari investasi kesuksesan,” jelasnya.

Ia juga meminta agar SKPD membuat inovasi dan terobosan dalam mempercepat tujuan dan sasaran dalam agenda Kota Jambi Bangkit, serta mengoptimalkan segala potensi dan sumberdaya yang tersedia.

“Saatnya berfikir komprehensif, cepat, tanggap dan cerdas,” ungkapnya. (lia/hms)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here