Home Berita Terbaru Haryanto Chandra Yahkin Kebenaran Akan Mencari Jalanya Sendiri

Haryanto Chandra Yahkin Kebenaran Akan Mencari Jalanya Sendiri

80
0

JAKARTA, MEDIATRANSPARANCY.COM –Setelah malui serangkain pemeriksaan dan persidangan Akhirnya Haryanto Chandra bisa Bernafas lega setelah mendengarkan vonis bebas yang di bacakan oleh ketua majelis Hakim Maringan Sitompul SH, dalam persidangan yang di gelar di pengadilan negeri jakarta utara Selasa (12/02/2019) Dalam amar putusanya Hakim menyatakan bahwa terdakwa Haryanto Chandra tidak terbukti bersalah sebagai mana dalam surat dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU), setelah dinyatakan tidak bersalah oleh Ketua majelis Hakim, Haryanto Candra Di Vonis bebas dari segala tuntutan pidana, serta memulihkan nama baik terdakwa.

Putusan yang dibacakan oleh Ketua Majelis Hakim, Maringan Sitompul. SH yang dihadiri JPU Erma SH dan terdakwa yang di dampingi tim kuasa tim Kuasa Hukumnya Sarmanto Tambunan .SH DR. Maria Julianti Situmorang S.H., M.H, dan Achmad Zaini IChwan Salatalohy , S.H.

Menanggapi hal tersebut, tim kuasa Hukum Haryanto Chandra, Sarmanto Tambunan SH Mengapresiasi putusan majelis hakim yang objektif dalam menangani perkara tersebut dan memberi putusan yang adil sebagaimana dalam fakta persidangan.

Tim kuasa hukum Haryanto Chandra

Dalam fakta Persidangan yang terungkap melalui keterangan saksi saksi yang justeru membuktikan Keterangan Saksi pelapor Albert Wiyogo adalah Inconcreto patut diduga palsu baik dalam BAP maupun yang diterangkan di persidangan, yang diantaranya.

Saksi Santi Liem mengatakan Tanda tangan Albert Wiyogo yang tertera di Bilyet Giro sudah sesuai dengan yang tertera di “SPICEMENT” Bank BCA Campaka Mas saat saksi Santi mencairkan BG tersebut. Hal senada juga di katakan oleh keterangan tiga Eri sadewo dari Bank BCA cempaka mas, dalam persidangan saksi eri juga mengatakan sebelum pencairan BG pihak Bank sudah melakukan konfirmasi kepada Albert wiyogo sebelum memindah bukukan sejumlah uang dari Bilyet Giro PT Komodo ke Rekening Haryanto Chandra, dan pada saat dikonfirmasi Albert Wiyogo mengakui BG tersebut dan menyetujui pemindah bukuan dengan menyatakan “ya, jalankan saja”ujar Albert Wiyogo.

Sementara keterangan saksi Ahli Akhiar Salim sebagai fakta di persidangan dengan tegas dan jelas menyatakan bahwa Pemeriksaan Laboratoris Kriminalistik yang dilakukan atas adanya dugaan pemalsuan tanda tangan dalam Bilyet Giro maka harus digunakan data atau dokumen pembanding yang sangat relevan dan paling utama yaitu specimen. Apabila hal tersebut tidak dilakukan maka hasil Pemeriksaan Laboratoris Kriminalistik sangat diragukan, sehingga Berita Acara Pemeriksaan Laboratoris Kriminalistik tidak boleh dijadikan bukti dipersidangan.

Sebelumnya Jaksa Penuntut Umum (JPU) menuntut terdakwa dua tahun kurungan penjara karena dianggap telah terbukti bersalah melanggar pasal Pasal 263 ayat (1) KUHP.

Haryanto Chandra foto bersama tim kuasa hukumnya

“Saya mengapresiasi putusan majelis hakim yang objektif dalam menangani perkara tersebut yang sudah memberi putusan yang adil sebagaimana dalam fakta persidangan.” Ujar Haryanto Chandra saat dikonfirmasi awak media usai menjalani persidangan di pengadilan negeri jakarta utara selasa 12/12/19.

Saat dikonfirmasi awak media kuasa hukum Haryanto Chandra mengatakan.”putusan ini kita apresiasi karena majelis sudah memberikan pertimbangan sesuai dengan fakta persidangan, Dari awal kita percaya bahwa apa yang telah di laporkan oleh Albert adalah laporan yang tidak berdasar (rekayasa). Dalam hal ini kebenaran akan mencari jalanya sendiri. saya apresiasi bahwa fakta ini akan terungkap, Sejak awal saya yahkin dia hanya ingin mencari cara untuk menghilangkan tanggung jawabnya untuk membayar kewajiban tanah kepada pak heri kus candra” ujar Sarmanto Tambunan SH.

Reporter:Nurhadi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here