Home DAERAH Hasil Kerajinan Warga Binaan Lapas Jambi

Hasil Kerajinan Warga Binaan Lapas Jambi

297
0
Lapas Kelas II A Provinsi Jambi

Kota Jambi, Transparancy.com – Pada Juma’at (11/4) Hj. Yusniana Hasan Basri  selaku ketua DEKRANASDA Provinsi Jambi berkunjung ke Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Provinsi Jambi. Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka Membuka Pelatihan membatik, membuat cendera mata, dan aneka Kerajinan dari Sisik Ikan pada warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan Jambi. Pelatihan ini dilaksanakan atas kerjasama antara Dekranada Provinsi Jambi, Dinas Perindag dan Lembaga Pemasyarakatan Jambi. Dalam sambutannya Hj. Yusniana mengharapkan kerjasama yang dibangun tidak hanya sebatas pelatihan membatik dan membuat kerajinan saja tetapi dapat ditingkatkan terus dalam kerangka pemberdayaan dan kemandirian warga binaan itu sendiri.   Dalam wawancara dengan wartawan Hj. Yusniana selaku ketua Dekranasda  berjanji akan membantu pemasaran hasil kerajinan warga binaan yang merupakan kendala yang dihadapi selama inimelalui penyediaan tempat di showroom Dekranasda dan mengikutsertakan Lapas Kelas II A

Provinsi Jambi dalam event-event Pameran di Provinsi seperti MTQ Provinsi yang akan dilaksanakan tidak lama lagi. Hj. Yusniana berharap setelah keluar dari Lapas Jambi warga binaan khususnya warga  binaan perempuan dapat berguna bagi masyarakat dan dapat membantu perekonomian keluarganya melalui ketrampilan yang sudah didapat selama didalam binaan Lapas Jambi.  Kalapas Kelas II A Provinsi Jambi Hendra Eka Putra SIP,SH,MH dalam sambutannya menyatakan berbangga atas kehadiran Ketua Dekranasda Jambi yang bersedia membuka pelatihan dan mengemukakan bahwa kesulitan yang dialami selama ini adalah pemasaran hasil-hasil kerajinan yang sudah dibuat warga binaan Lapas Jambi.

Hj. Yusniana juga sempat berkeliling mengunjungi blok – blok dalam Lapas Kelas II A JAmbi dimulai dari menjenguk Evi terpidana 4 tahun, Salah satu warga binaan yang menderit Sakit TBC Tulang di blok Tahanan Wanita. Kemudian dilanjutkan meninjau sentra-sentra kerajinan antara lain sentra menjahit, Sentra Kerajinan Kayu, Kerajinan Batok dan Kampung Kelinci yang merupakan andalan warga binaan Lapas saat ini.  Dalam kesempatan tersebut turut hadir Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jambi  Drs. Abd. Zaki, M.Si dan Pengurus Dekranasda Provinsi Jambi serta seluruh warga binaan wanita di Lapas Kelas II A Provinsi Jambi. (lia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here