Home DAERAH HBA Harapkan Kesiapan Petugas Hadapi Bencana

HBA Harapkan Kesiapan Petugas Hadapi Bencana

206
0

Jambi, Mediatransparancy.com – Gubernur Jambi H. Hasan Basri Agus (HBA) mengharapkan kesiapan sumberdaya manusia menghadapi bulan pengurangan resiko bencana yang telah ditetapkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana dalam upaya pengurangan resiko korban jiwa maupun banda.”Lomba pasang tenda ini sangat penting sekali dalam menghadapi bencana,” kata HBA, Kamis (2/10).

Bencana alam, tanah longsor, kebakaran serta kejadian alam yang tidak bisa dihindari membutuhkan kesiapan petugas untuk mengantisipasi dengan mempersiapkannya tempat pengungsian darurat atau tenda yang harus terpasang dengan baik dan mampu menjadi tempat perlindungan sementara bagi korban bencana.

“Kedepan harus sering dilakukan, masing-masing daerah dalam posisi siap kapan saja dimana saja terjadi bencana bisa cepat dipasang tenda,” ungkap HBA.

Dalam wawancaranya HBA menyampaikan informasi dari Deputi BNPB terkait dengan daerah yang tendanya tidak pernah dibuka,”Bagaimana kalau terjadi bencana, repot untuk masangnya,” kata HBA.

HBA menilai Kompetisi pemasangan dan bongkar tenda dalam meningkatkan keterampilan dan keahlian dalam menangani bencana serta meningkatkan rasa kebersamaan demi terwujudnya Jambi Emas sangat penting dan baik dilakukan.

Sedangkan Deputi Bidang Logistik dan Peralatan BNPB Bambang Seusai menyaksikan langsung lomba yang berlangsung di Halaman Damkar Kota Jambi menjelaskan lomba pemasangan tenda bertujuan melatih petugas dalam mempersiapkan tenda serta peralatan sewaktu bencana terjadi.

“Kalau ada bencana sudah siap dan kita punya alat,” kata Deputi.
Selain meningkatkan kemampuan petugas, BNPB juga memberikan hadiah bagi sepuluh besar se Indonesia dengan ketentuan waktu tercepat, kerapian, semangat, yang memungkin keseluruhan juara pada daerah tertentu,”Tiga mobil ranger, dua mobil sejenis pick up, lima sepeda motor yang diperuntukkan untuk kedinasan,” jelas Deputi.Acara dihadiri forkompinda serta para tamu dan undangan lainnya.(lia/hms)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here