Home DAERAH HBA: KONFLIK BISA SAJA TERJADI BILA DIPAHAMI SETENGAH HATI

HBA: KONFLIK BISA SAJA TERJADI BILA DIPAHAMI SETENGAH HATI

229
0

Drs.H. Hasan Basri Agus (HBA)
Drs.H. Hasan Basri Agus (HBA)
Transparancy.com, Jambi – Gubernur Jambi Drs.H.Hasan Basri Agus,MM (HBA) Mengatakan, dalam proses pemilihan umum, rentangan potensi konflik bisa saja terjadi, bila dikelola setengah hati dan di pahami secara keliru serta tidak sistemik. Hal demikian dikatakan saat Deklarasi Kampanye Damai dan Kirab/Karnapal Pemilu 2014. Bertempat dilapangan Depan Kantor Gubernur Jambi. Sabtu (15/3-14).

Dalam sambutan dan arahannya HBA mengatakan, semua menyadari bahwa dalam proses pemilihan umum,
rentangan potensi konflik bisa saja terjadi, bila dikelola sengah hati dan di pahami secara keliru serta tidak sistemik.” Oleh karna itu saya mengajak segenap pihak di Provinsi Jambi untuk membangun kesepakatan atau konsensus kampanye damai, menuju pemilu damai.” Ajak HBA.

HBA berharap, kepada peserta pemilu nantinya untuk dapat menghormati hasil-hasil yang akan dicapai serta tetap mengedepankan persatuan dan kesatuan bangsa. Berikanlah contoh dan tauladan yang baik kepada masyarakat dalam setiap sesi tahapan pemilu, menuju pemilu yang LUBER dan JURDIL. Kesuksesan penyelenggaraan pemilu, merupakan niscaya bagi masyarakat jambi. Karna berdasarkan hasil survey yang
dilakukan di seluruh Indonesia, maka Provinsi Jambi merupakan daerah mampu mewujudkan dan menegakkan
Demokrasi yang baik,” jelas Gubernur.

Dijelaskan HBA, berbagai ragam pengalaman di pemilu sebelumnya sudah barang tentu menjadi pelajaran bagi semua untuk berbuat yang terbaik pada pemilu 2014 nanti.” Kondisini ini merupakan suatu proses pembagunan politik yang lebih demokratis dan bertanggung jawab sebagai wadah pelaksanaan kedaulatan rakyat diwilayah Provinsi, untuk menggunakan hak pilihnya nanti,” ujar HBA.

“untuk itu saya mengajak seluruh lapisan masyarakat di Provinsi Jambi ini, untuk tetap menjaga
stabilitas politik, ekonomi dan sosial serta ketertiban dan keamanan masyarakat, karena dengan terpiliharanya stabilitas maka kita dapat menyelenggarakan agenda Demokrasi ini lebih baik lagi, lebih cerdas dan berkualitas,”ucap HBA.

Pada kesempatan ini HBA mengajak, semua yang ada di lapangan ini bersepakat menyelenggarakan
pemilu dengan penuh rasa tangungjawab sesuai peran dan peranan masing-masing. Kepada Peserta Deklarasi Damai dan Karnaval Pemilu 2014, yang terdiri dari 12 Parpol dan 32 orang Calon Anggota DPD Dapil Provinsi Jambi” saya berharap memanfaatkan momen hari ini sebagai wadah silaturrahim, dan menjadikan titik awal untuk melaksanakan kampanye secara bermartabat dan penuh tanggungjawab, serta menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari pendidikan pemilih di bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah yang sama- sama di cintai ini.”tutur HBA.

Disamping itu HBA menyampaikan, terimakasih kepada KPU Provinsi Jambi, atas berbagai upaya dan
langkah-langkah yang diambil dalam menyukseskan Pemilu 2014.” saya memahamibetul bahwa KPU Provinsi Jambi saat ini sedang sibuk-sibuknya, melaksanakan tahapan pemilu menjelang 09 April 2014 nantinya. Saya juga menyambut baik tema yang di usung pada kegiatan Deklarasi dan Karnaval pagi ini, yaitu “Deklarasi Kampanye Berintegrasi” karena menurut hemat saya, keberhasilan penyelenggara pemilu sangat ditentukan Integritas penyelenggara, peserta Pemilu, dan didukung penuh semua: .” Pungkas HBA.

Ketua KPU Provinsi Jambi, M Subhan, mengatakan, tema kampanye damai yang berintegritas diharapakan Pemilu 2014 berjalan baik. Selain deklarasi damai KPU juga mengelar Kirab/Karnaval bagi parpol yang ikut pemilu nantinya. “Peserta kampanye diberi kesempatan berkampanye damai yang mulai dilaksanakan 16 Maret 2014 merupakan tahapan Pemilu, masing-masing parpol dan calon anggota DPD berkampanye menggunakan mobil hias secara damai,” tambahnya.

Turut hadir pada acara ini Wakil Gubernur Jambi, Ketua DPRD Provinsi Jambi, Kapolda Jambi, Danrem 042 Gapu serta Forkompimda Provinsi Jambi, Komsioner Komisi Pemilihan Umum, Ketua Bawaslu Provinsi Jambi, Pimpinan Partai Politik peserta pemilu Provinsi Jambi, Kepala SKPD dilingkup Pemerintah Provinsi Jambi serta para undangan lainnya. (lia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here