Home DAERAH HBA Lanjutkan Program Beasiswa Bidan Daerah Terpencil

HBA Lanjutkan Program Beasiswa Bidan Daerah Terpencil

345
0
Foto ucap janji / camping day Poltekes di RCC

Jambi, Transparancy.com – Menekan angka kematian bayi dan ibu di Provinsi Jambi meyakinkan Gubernur Jambi H. Hasan Basri Agus (HBA) untuk melanjutkan pembiayaan bagi mahasiswa kebidanan yang berasal dari daerah terpencil yang sudah berjalan dua tahun di Politeknik Kesehatan Kemenkes Jambi. “Kita cetak Bidan untuk daerah terpencil,” kataHBA. Kebijakan untuk membiayai mahasiswi kebidanan yang berasal dari daerah terpencil didasari angka kematian bayi dan ibu yang relatif tinggi di Provinsi Jambi,”Sudah dua tahun program ini, setelah itu kita kembalikan mereka ke desa,” jelas HBA, Selasa (20/5).

Cara Pemasangan Cap dan Ucap Janji Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Jambi Jurusan Kebidanan Program Studi D III dan D IV Kebidanan Tahun Akademik 2013/2014 berjumlah 178 orang yang 40 orang diantaranya mendapat pembiayaan dari Pemerintah Provinsi Jambi dan 40 orang mendapat pembiayaan dari Pemerintah Kabupaten Merangin dengan harapan menekan angka kematian bayi dan ibu terutama didaerah terpencil.

“Diharapkan kematian ibu dan bayi semakin berkurang kalau bisa Zero (Nol),” harap HBA.
Pentingnya pemerataan tenaga medis di Provinsi Jambi terutama didaerah terpencil meyakinkan HBA untuk melanjutkan program pada tahun mendatang,”Insya Allah tahun depan akan kita sambung lagi program ini melalui Dinkes dan Saya minta dua kelas dan Pemkab Merangin juga mengikuti program ini,” tegas HBA.

HBA berharap Kabupaten lain dapat mengikuti program tersebut,”Sangat penting untuk peningkatan kesehatan masyarakat pedesaan,” harap HBA.
HBA menyampaikan bidan yang telah dibiayai Pemerintah Provinsi Jambi tersebut menyetujui perjanjian bersedia mengabdi untuk daerah masing-masing,”Sudah ada perjanjian mereka akan kembali kedaerah asal,” jelas HBA.

Bahkan HBA merasa senang melihat mahasiswa yang berasal dari daerah mampu menunjukkan prestasi yang baik,”Anak-anak desa cukup bagus kemampuannya, namun prestasi yang sebenarnya ada dilapangan dengan menjaga sikap yang baik, profesional, dan terus meningkatkan kemampuan agar masyarakat sehat,” kata HBA.

Sementara Direktur Poltekkes Kemenkes Asmuni, Hs, menyampaikan harapan agar masyarakat Jambi khususnya didaerah terpencil mendapat pelayanan kesehatan terutama bagi bayi dan ibu menuju Jambi yang sehat,”Apa yang diucapkan bisa dilaksanakan sepenuh hati dengan meningkatkan kemampuan komunikasi agar pasien dan keluarga merasa nyaman,” harap Direktur.

Selanjutnya Direktur menegaskan seorang Bidan harus bekerja sesuai tugas dan kompetensi yang dimiliki dan tidak boleh mengambil tindakan diluar kemampuan yang bisa berakibat fatal.
Terlihat hadir Asisten I Pemkab Merangin, Kadis Kesehatan Provinsi Jambi, serta para tamu dan orang tua mahasiswa.(lia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here