Home DAERAH HBA Lepas Lomba Perahu Tradisional HUT Kota Jambi

HBA Lepas Lomba Perahu Tradisional HUT Kota Jambi

284
0

Jambi, Transparancy.com – Gubernur  Jambi Drs. H. Hasan Basri Agus didampingi Walikota Jambi, H. Sy. Fasha melepas lomba perahu tradisional atau Jambi Boat Race 2014 pada Minggu siang (4/5). Lomba tersebut diadakan dalam rangka Hari Ulang Tahun Kota Jambi ke-68. Event ini merupakan program tahunan dalam rangka membina prestasi olahraga dayung di Provinsi Jambi. Lomba berawal di titik start di Olak Kemang Seberang Kota Jambi membelah Sungai Batanghari  sejauh 1650 meter menuju titik finish di depan Rumah Dinas Gubernur Provinsi Jambi. Hadir pada acara ini Ketua TP.PKK Provinsi Jambi Hj.Yusniana Hasan Basri, Sekda Kota Jambi Daru Pratomo, Ketua TP-PKK Kota Jambi, dan Ketua Dharma Wanita Kota Jambi.

Gubernur Jambi H. Hasan Basri Agus bersama Walikota Jambi H.Sy.Fasha bergerak menuju titik start menggunakan kapal kehormatan sekitar pkl 14.30 siang. Selanjutnya pistol start dibunyikan dan pacu perahu dumulai,  ribuan penonton  menyaksikan lomba tersebut baik dari kawasan wisata Tanggo Rajo maupun dari seberang kota Jambi. Lomba pacu perahu diharapkan dapat menjadi kebangkitan kota Jambi. Kehadiran lomba pacu perahu tradisional juga diharapkan dapat meningkatkan pamor pariwisata kota Jambi khususnya  Tanggo Rajo sebagai destinasi di Kota Jambi. Lomba dibagi dua kategori yaitu tipe A yang diikuti 20 pedayung dan tipe B yang diikuti 15 atlit dayung.

Gubernur Jambi yang ditemui usai kegiatan memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan kegiatan ini. “Saya sangat memberikan apresiasi terhadap kegiatan ini, yang merupakan lomba wajib yang harus dilaksanakan setiap tahunnya baik dalam rangka memperingati HUT Provinsi juga HUT Kota. Dan saya berharap dengan adanya lomba ini nantinya akan meningkatkan prestasi olahraga dayung di Provinsi Jambi baik di tingkat nasional maupuan internasional dan juga meningkatkan pariwisata di kota kita,
dan tahun depan ketika jembatan pedestrian sudah jadi akan semakin bagus pariwisata kita. Dan tahun depan akan diselenggarakan lomba perahu tingkat internasional yang akan diikuti diantaranya oleh negara Thailand,Myanmar, Brunei Darusalam, Singapura dan Tiongkok, dan tim Jambi akan menjadi salah satu tim dari Indonesia”ungkap Gubernur.

Gubernur juga menyatakan bahwa saat ini pemerintah Provinsi Jambi terus menggalakkan Batanghari bersih dan telah meetapkan beberapa desa binaan. “Pemerintah terus menggalakkan program Batanghari bersih dan menjadikan beberapa desa sebagai percontohan, pemerintah juga memberikan bantuan dan sosialisasi dan mengajak masyarakat untuk turut merawat dan membersihkan sungai”katanya. (lia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here