Home DAERAH HBA: Sektor Pertanian Terus Ditingkatkan

HBA: Sektor Pertanian Terus Ditingkatkan

269
0

Jambi, Transparancy.com –  Gubernur Jambi H. Hasan Basri Agus (HBA) terus mengupayakan peningkatan hasil pertanian Provinsi Jambi terutama peningkatan produksi beras sesuai dengan target nasional. “Satu juta ton beras untuk memenuhi target provinsi,” jelas HBA, Rabu (21/5).

Pemenuhan target produksi beras diupayakan HBA dengan cara intensifikasi dan ekstensifikasi lahan pertanian,”Banyak lahan yang harus kita buka dan akan kita kerjasamakan untuk meningkatkan produksi beras,” lanjut HBA. Diakui HBA usai Pembukaan Rapat Koordinasi Peningkatan Produksi Beras Nasional (P2BN) se Provinsi Jambi terkait  masukan Dirjen Tanaman Pangan mengenai produksi beras menjadi pertimbangan untuk mengejar target diatas lima persen pertahun yang saat ini sudah dicapai di dua Kabupaten,”Beberapa kabupaten terus kita tingkatkan produksinya dengan membuka lahan baru, pengadaan bibit, memperbanyak penyuluh serta tenaga pengamat hama yang saat ini sudah berkurang,” jelas HBA.

Sementara dalam sambutan Dirjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian RI Ir. Udhoro Kasih Anggoro  menyampaikan kebutuhan beras tiga juta ton perbulan bagi rakyat Indonesia harus diupayakan dengan pemenuhan target produksi beras nasional sebanyak 10 juta ton,”Harus mampu menyediakan beras selama tiga bulan sampai musim panen berikutnya,” kata Dirjen.
Peningkatan produksi beras tersebut dengan melibatkan semua pihak agar petani bergairah untuk meningkatkan hasil, “Kurangnya tenaga kerja disektor pertanian masih menjadi kendala, padahal harga beras cukup baik,” lanjut Dirjen.

Dalam pandangan Dirjen, lahan pertanian  di Provinsi Jambi masih luas yang belum sepenuhnya digarap,”Petani harus dibantu dengan program pemerintah untuk membersihkan lahan olah menjadi lahan siap tanam serta program lainnya yang mampu meningkatkan kesejahteraan petani,” kata Dirjen. Lebih lanjut Dirjen menganjurkan pihak pemerintah terkait melihat permasalahan langsung yang dialami petani untuk segera mengambil kebijakan,”Kita turun kelapangan untuk mengetahui kendala yang dialami petani yang kemudian kita cari solusinya,” ujar Dirjen.

Acara tersebut dihadiri Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Provinsi Jambi Ir. Amrin Aziz, Sekretaris Bakorluh Provinsi Jambi Dasra, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten/Kota serta tamu dan undangan lainnya.(lia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here